Cita Cita Warga Penatoi Sambut HUT RI Ke-75 Terpenuhi, Serta Upacara Berlangsung Hikmad

Kota Bima,KABAROPOSISINTB.Com--Apa yang ditekadkan oleh masyarakat di Kelurahan Penatoi Kecamatan Mpunda Kota Bima untuk lebih memeriahkan dan menyemarakkan HUT RI ke- 75 tahun ini ternyata terealisasi adanya. Demikian disampaikan Ketua karang taruna Iksan, pada media ini, Minggu (16/8).

"Salah Satu dari sekian kegiatan dan lomba yang sudah diagendakan masyarakat setempat, berupa kegiatan sepeda santai dihelat di Penatoi Jum’at sore kemaren.Kegiatan sepesa santai manyambut HUT RI ke-75 ini melibatkan anak-anak hingga orang dewasa," katanya.
Sambungnya, Sepeda yang gunakan anak-anak dan orang dewasa membawa serta bendera putih, mereka kayuh dengan penuh semangat melewati jalan protokol sesekali melempar canda ke arah teman bersebelahannya membuahkan tawa riang diantara mereka," tuturnya.

Sementara warga yang berdiri diruas jalan menonton kegiatan tersebut nampak ikut senang melihat keceriaan anak-anak tersebut saat bersepeda santai.
Ditempat lain juga berlangsung kegiatan perlombaan tradisional lain seperti lingkungan paling meriah dengan pemasangan bendera merah putih, perlombaan anak-anak berupa lari balap kelereng, lari balap karung dan masih banyak kegiatan lain.

"Dengan berbagai macam perlombaan yanng dilaksanakan, masyarakat sangat antusias, namun demikian mereka tetap memperhatikan standart protokol Covid 19," tuturnya.

Seperti yang disampaikan oleh beberapa tokoh masyaraat Kelurahan Penatoi sebelumnya, masyarakat Penatoi sangat Antusias untuk ikut menyemarakkan kegiatan 17 Agustus 2020 kali ini.

Kata dia sejumlah lomba sudah diagendakan dan upacara bendera  juga telah terlaksana dengan lancar dan dihadiri oleh tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan seluruh masyarakat Kelurahan Penatoi.

Sementara itu,Lurah Penatoi Kaimudin SPd
kegiatan diatas ada agenda khusus dari kegiatan dimaksud, dimana juga ada pengarahan khusus dari tokoh masyarakat Kelurahan Penatoi yaitu H. FERRY SOFYAN wakil walikota Bima selaku orang yang lahir di Penatoi merasa memiliki kewajiban untuk mengembalikan nama baik dari Penatoi yang selama memunculkan image bahwa negative tentang tanah kelahiranya tersebut," kata Lurah.

"Kedepan beliau berharap agar masyarakat Penatoi bisa terus memupuk rasa nasionalisme serta tetap berpegang teguh kepada prinsip nasionalisme kepada bangsa dan negara serta tidak mudah terpengaruh kepada faham-faham yang dapat membawa masyarakat Penatoi kedalam ajaran yang melenceng dari kaidah- kaidah berbangsa dan bernegara," penyampai Lurah Amanat Wawali.

"hari ini kita sebagai keluarga besar Penato'i mencatat sejarah selama usia RI dan yang ke 75 ini kita merayakannya di Pentao'i dan langsung di hadiri oleh Bapak Danrem 162/WB, Kapolres Bima Kota dan Dandim 1808 Bima dan saya harapkan bapak-bapak semua tetap melakukan hal yang serupa dan masuk dalam keluarga besar kita disini.

Ditambahkannya, Masih ada masyarakat kita yang memiliki pandangan dan perbedaan persepsi dalam berbangsa dan bernegara, bukan hanya menjadi permasalahan nasional namun menjadi permasalahan Internasional sehingga mengiris hati kita sebagai warga negara, tidak mungkin kita tidak mengikuti semua yang ada dalam Undang-undang karena itu semua yang ada didalam undang-undang adalah pesan para syuhada' para pahlawan kita," pesan Ferry Sofyan Tandas Lurah.

Harapan Wawali, Mari kita kembalikan citra Penato'i ini untuk tetap menghargai dan mencintai NKRI ini dan kita sudah melakukan deklarasi untuk melawan aksi Terorisme dan Radikalisme, kita mengharapkan bangsa yang aman dan damai didalam lingkungan kita Kel. Penato'i. Kata Ferry Sofyan.

Untuk kegiatan upacara bendera sendiri dilsaksanakan pada hari Senin Tanggal 17 Agustus 2020 pukul 07.0 wita bertempat di Dinas Kominfo Kota Bima Kelurahan Penato'i Kecamatan Mpunda Kota Bima.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut :

a. Dandrem 162/WB BRIGJEN TNI AHMAD RIZAL RAMDHANI, S.Sos, SH, M.Han. 
b. Wakil Walikota Bima Kota FERRY SOFIAN,SH
c. Kapolres Bima Kota AKBP HARYO TEJO WICAKSONO,S.I.K.,SH
d. Dandim 1608 Bima LETKOL INF.TEUKU MUSTAFA KAMAL
e. Kesbangpol Kota Bima ACHMAD FATONI
f. Camat Mpunda Drs.M.RIFAID
g. Lurah Penatoi KAIMUDDIN, S.Pd.
h. Para Toga,Toma dan Toda Kota Bima 

Adapun susunan acara :

a. Acara Persiapan
b. Komandan Upacara memasuki Lapangan Upacara
c. Laporan Perwira upacara kepada Inspektur Upacara
d. Inspektur Upacara memasuki Lapngan Upacara
e. Penghormatan pasukan kepada Inspektur Upacara
f. Laporan Komandan upacara Kepada Inspektur Upacara
g. Pembacaan Naskah Teks Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke 75 oleh Sdra. DARUS SALAM, S.HI
h. Mengheningkan Cipta dipimpin oleh Inspektur Upacara
i. Pembacaan Do'a oleh Sdra. DEDI ROSYADI, S.PT
j. Pengibaran Sang Merah Putih oleh Paskibra Kel. Penato'i
k. Laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara
l. Penghormatan Pasukan kepada Inspektur Upacara
m. Inspektur Upacara meninggalkan mimbar upacara.

Pasca kegiatan upacara juga dilakukan acara Pembacaan Ikrar Deklarasi NKRI oleh Sdr. IBRAHIM Selaku Tokoh Masyarakat Kel. Penato'i Kec. Mpunda Kota Bima diikuti oleh Seluruh peserta Upacara.(KO.O5)

No comments

Powered by Blogger.