Kebangkitan Industrialisasi, Salah Satu Kemerdekaan NTB

foto: Pertemuan Kadis Perindustrian NTB.
Mataram,KABAROPOSISINTB.Com--Tahun 2020 merupakan tonggak kebangkitan industrialisasi di NTB. Ratusan  mesin telah dihasilkan oleh putra putri NTB dan telah dipamerkan ketika momen HUT Kemerdekaan RI kemarin di STIPark Banyumulek. 

Nuryanti, SE., ME, menjelaskan, "Alhamdulillah, Pak Gub dan Bu Wagub memiliki perhatian yang serius di Bidang Ekonomi. NTB Mandiri dan Sejahtera merupakan salah satu misi beliau di periode pemerintahan saat ini yang dituangkan melalui industrialisasi. Dengan adanya industrialisasi, diharapkan ekonomi masyarakat bisa bergerak, tentunya industri rumahan yang memberdayakan IKM-IKM lokal," Ungkapnya.

Nuryanti, SE., ME, Kepala Dinas Perindustrian NTB ketika mengisi acara Coffee Time di Lombok TV, Senin, 24 Agustus 2020.

Beliau memaparkan 5 sektor industri prioritas yang menjadi unggulan dan prioritas Dinas Perindustrian NTB, salah satunya adalah industri permesinan. Di mana industri ini sekaligus menjadi kunci bagi empat  sektor lainnya, yaitu industri hulu agro, industri olahan, industri pertambangan, dan industri Kreatif, jelasnya.

Kenapa industri permesinan menjadi kunci? Karena mesin berfungsi menjaga kontinuitas, kuantitas, dan kualitas dari sektor-sektor industri yang lainnya. 

Beliau juga menjelaskan kekurangan NTB dalam industrialisasi ini, yaitu 1)Bahan baku yg berkualitas dan 2) Standardisasi produk. Oleh karenanya pihaknya terus mendorong dan berkoordinasi dengan sektor-sektor terkait agar kekurangan-kekurangan tersebut terus diperbaiki.

Hadir juga Pak Gede Dijaya, selaku pemilik IKM LeBui, IKM yang membuat sepeda listrik, yang pasarnya sudah sampai internasional.

Beliau mengaku bahwa saat ini pembuatan sepeda listrik memakan waktu 1 minggu sampai dengan 1 bulan untuk pembuatan 1 buah sepeda listrik. Harapannya, dengan adanya intervensi dari pemerintah besok, jumlah produksi dan standardisasi produk akan meningkat, paparnya

Semoga industri di NTB terus bergeliat dan bangkit, sehingga NTB Mandiri & Sejahtera yang kita cita-citakan bersama bisa terwujud, tuturnya.(KO.O6)

No comments

Powered by Blogger.