Rapat Pojok PAUD Provinsi NTB, dalam Mengembangkan Potensi Anak NTB

foto: Pokja PAUD Provinsi Nusa Tenggara Barat dibawah Komando Hj.Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah,SE M.Sc Saat Rapat Koordinasi.

Mataram,KabaroposisiNTB.Com--Pokja PAUD Provinsi Nusa Tenggara Barat dibawah komando Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimasyah,SE M.Sc melakukan Rapat Koordinasi Tingkat Provinsi yang bertempat di Hotel Aston Mataram Rabu, (14/10/20)

Rapat yang dihadiri oleh Bunda PAUD 10 Kabupaten dan Kota, jajaran kepala dinas tingkat provinsi, dan kepala dinas Dikbudpora seluruh Kab/kota se NTB adalah sosialisasi tentang "Peraturan Gubernur Nusa Tenggara Barat No 23 Tahun 2013 tentang PAUD HI" sebagai acuan pembentukan Pokja Bunda PAUD dan Tim Gugus Tugas PAUD HI mulai dari Tingkat Kab/Kota hingga Desa.

Arahan ini disambut baik oleh Kabupaten Kota se NTB dengan diterbitkanya Peraturan Bupati dari masing-masing daerah sebagai pedoman pelaksanaan tugas dan fungsi dari masing-masing kelompok kerja.

Dari 10 Kab/Kota Se NTB 4 diantaranya telah memiliki pergub PAUD HI yakni Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Sumbawa dan Kota Bima.

Sementara 6 Kabupaten Kota lainya diupayakan pendampingan agar diterbitkan aturan yang sama, sehingga Misi ke 3 dari NTB Gemilang (NTB SEHAT dan CERDAS) dapat terlaksana dengan baik melalui program Pengembangan Anak Usia Dini yang Holistik dan Integratif.

Bappeda NTB sangat menyadari bahwa 5 (lima) layanan dasar dari PAUD HI yakni, kesehatan, gizi, pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan menjadi hak generasi muda yang harus diterima guna menciptakan "Generasi Emas NTB yang Gemilang". 

Oleh karena demikian pemerintah Provinsi NTB telah melakukan revisi RPJMD dan memasukan program PAUD HI sebagai salah satu program unggulan mulai dari tingkat Provinsi dan mudaha-mudahan dapat diterapkan hingga Kabupaten Kota.

Selain Pergub Bunda Niken juga menyampaikan upaya meningkatkan Pelayanan PAUD yang Berkualitas melaui peran dan tugas pokja Bunda PAUD dan gugus tugas PAUD HI.

Bunda Niken mengatakan, semua orang memahami bahwa investasi terbaik adalah investasi bidang pendidikan, termasuk pada Pendidikan Anak Usia Dini. 

Ketika anak-anak sedang bertumbuh, maka disaat itulah kita berikan stimulus yang terbaik bagi anak anak PAUD.

Ia menyampaikan terimakasih kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atas dukungannya memajukan program Bunda PAUD di Provinsi NTB.

“Allhamdulillah dengan dukungan dari Kementerian kami di provinsi kemarin membentuk kerja Bunda PAUD dan sudah dibuat SK-nya oleh Gubernur.” lanjutnya.

Ia mengatakan, Bunda PAUD memiliki peran sebagai figur dan tokoh sentral Gerakan Nasional PAUD Berkualitas dengan cara memberikan sumbangan pemikiran, sosialisasi dan advokasi pelaksanaan Gerakan PAUD Berkualitas. 

Sementara itu Suprihatin Sugianto selaku Ketua Panitia Penyelenggara menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan kerjasama para pemangku kepentingan mulai dari tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, sampai desa/kelurhan.

Kerjasama sangat diperlukan untuk mendukung peningkatan sumber daya manusia sejak usia dini melalui PAUD yang berkualitas.(KO.O3)

No comments

Powered by Blogger.