Ratusan Personil Disiapkan, TNI Polri Siap Amankan 291 TPS di Sumbawa Barat, 44 TPS Rawan

foto: Kapolres Sumbawa Barat,dandim 1628.  
Sumbawa Barat,KabaroposisiNTB.Com--Kapolres Sumbawa Barat AKBP Herman Suriyono SIK mengatakan pihaknya siap mengamankan 291 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Sumbawa Barat pada Pilkada 9 Desember mendatang.Hal ini diungkapkan oleh Kapolres didampingi Dandim 1628/Sumbawa Barat Letkol Czi Sunardi ST MIP, saat menggelar Ngobrol Pintar (Ngopi) bersama awak media di Mapolres setempat, Sabtu (10/10).

Kapolres mengungkapkan, jumlah TPS yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) sebelumnya adalah 200 TPS, namun karena Pandemi covid-19 jumlahnya bertambah menjadi 291 TPS.

“Awalnya TPS di KSB ini ada 200 karena covid-19 dan sesuai dengan Peraturan KPU terkait jumlah pemilih dalam satu TPS tidak boleh melebihi 500 orang yang sebelumnya 800 orang, maka jumlah TPS bertambah,” kata Kapolres.

Pola pengamannya akan dibagi sesuai dengan kerawanan atau tidak, Herman mengatakan, ada 44 TPS yang masuk dalam kategori rawan dan 247 TPS tidak rawan.

Ia menjelaskan pola pengamanan yang akan diterapkan nantinya sudah diatur, tentunya pola yang diterapkan tujuannya untuk menjamin kondusifitas dan penerapan protokol kesehatan, sehingga terciptanya pilkada damai dan sehat.

“Kami TNI Polri nantinya akan all out, karena Pilkada ini berbeda dengan Pilkada sebelumnya, selain keamanan kita juga akan fokus pada penerapan protokol kesehatan,” jelasnya.

Personil yang telah disiapkan oleh Polres KSb sejumlah 479 personil, namun akan dilakukan penebalan lagi sesuai dengan kondusifitas setiap tahapannya nanti.

Ia juga meminta dukungan dari seluruh stake holder baik itu tokoh masyarakat, tokoh agama maupun tokoh pemuda untuk bersama-sama mensukseskan Pilkada. Demikian juga dengan media yang menjadi corong informasi.

“Kalau rekan-rekan memberikan informasi yang provokatif maka situasinya akan berubah, tetapi kalau informasinya menyejukkan maka kondusifitas akan tercipta,” katanya.

Senada dengan Kapolres, Dandim 1628/KSB juga akan melakukan yang maksimal dalam pengamanan Pilkada, TNI akan membackup penuh Polri dalam mensukseskan Pilkada.

“Untuk pengamanan, dari setiap tahapan kami akan upayakan maksimal, kami akan full membackup Polri,” kata Dandim.

Ia juga mengatakan, sejauh ini anggotanya di lapangan telah mensosialisasikan tahapan Pilkada di tengah Pandemi kepada masyarakat, dengan harapan pada saatnya nanti masyarakat paham dan tidak melanggar aturan.

“Kita sama-sama berdoa, agar kondusifitas di KSB ini terjaga dan Pilkada damai dan sehat sukses tanpa kendala,” tandasnya.(Red)

No comments

Powered by Blogger.