Terkait Transparansi Dana BOS, Kasek Tetap Ikuti Aturan dan Mekanisme

Kabupaten Bima,KABAROPOSISINTB.Com--Terkait Tuntutan Pemuda Anti Korupsi (PAK) beberapa waktu lalu di Kantor Upt Dikbudpora kecamatan Madapangga, Maman SPd, M.Pd, kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Madapangga membantah pelaksanaan dan pengelolaan Dana Biaya Operasional sekolah (BOS) selalu mengikuti aturan dan mekanisme, ungkapnya Kamis, (1/10/20) di ruang kerjanya. 

Sesuai dengan aturan yang ada, Semua bisa membuka lewat akun Kemendikbud dan kementrian keuangan terkait cara setiap sekolah mengelola Dana BOS. Apalagi pemerintah Pusat melalui Kemendikbud Saat ini memperketat aturan pengelolaan Biaya Operasional Sekolah (BOS) untuk terbuka untuk umum," jelas Maman. 

"Disisi lain Terkait Biaya siswa Miskin langsung ke Rekening siswa. Jadi tak ada yang diterima sekolah kami hanya mengawal data itu," tandasnya. 

Baca Juga: PAK Madapangga, Tuntut Kasek SMPN 1 Transparansi Anggaran Dana BOS.

Sementara sejak 2017 lalu dirinya menjabat sebagai kepala sekolah (Kasek) selalu mengedepankan keterbukaan kepada dewan guru dan publik atas pengelolaan Dana BOS," tutur Kasek Senior ini yang juga ketua MKKS kabupaten Bima.

"selama ini juga banyak prestasi yang diukir siswanya sejak 2017 lalu. Bukti kemampuan sekolah dalam mengelola kepentingan baik itu lewat guru dan siswa yang tiada lain dengan pengelolaan Dana BOS," akur Mantan Kasek SMPN 2 Madapangga, dan SMPN 1 Bolo ini. 

Sementara itu, Pada Saat Pandemi Covid-19 2020 ini untuk Paket Data yang diusulkan ke Pusat 628 siswa sejak April lalu, akan ditentukan hanya untuk 74 siswa saja yang disetujui, sementara Paket Data untuk guru tak ada. Ini contoh kebijakan aturan pemerintah pusat yang harus diikuti," terang Maman. 

Dirinya tegaskan, Tak ada dalam pengelolaan dana BOS yang tak transparansi sejak 2017 lalu hingga hari ini. Karena aturan selalu kita aturan Juklak Juknik pengelolaan Dana BOS, seperti halnya hari ini di Rekening Sekolah masih tersimpan Dana dan Dana BOS akan keluar lagi," tegasnya.(KO.O5)

No comments

Powered by Blogger.