Sekolah Buka Januari 2021, Perguruan Tinggi Diminta Baru Buka Semester Depan

Jakarta,KabaroposisiNTB.Com--Mendikbud Nadiem Makarim telah mengizinkan kegiatan pembelajaran tatap muka dimulai Januari 2021. Namun, hal itu hanya mengatur pada sekolah saja, perguruan tinggi belum.

Ia menyebut, perguruan tinggi baru boleh membuka pembelajaran tatap muka di semester berikutnya.

"Mohon bagi perguruan tinggi, aturan pelaksanaan tatap mukanya semester berikutnya, ditunggu detailnya dari Dirjen Dikti, tapi tetap juga akan dibolehkan perlakuan tatap muka, jadi itu perguruan tinggi," kata Nadiem saat konferensi pers, Jumat (20/11).

Nadiem menegaskan aturan pembelajaran tatap muka bagi perguruan tinggi sampai saat ini masih dirumuskan Dirjen Dikti. Termasuk protokol kesehatan hingga daftar periksa.

"Tadi kita tidak membahas detail tentang perguruan tinggi, tetapi bisa saya umumkan bahwa perguruan tinggi juga akan ada perlakuan membolehkan sekolah tatap muka, tapi protokol kesehatan dan daftar periksa dan lain-lainnya itu akan ditetapkan selanjutnya dalam waktu yang dekat dalam Dirjen Pendidikan Tinggi," kata Nadiem.

Sementara itu untuk bangku sekolah dasar hingga menengah, Nadiem telah mengizinkan pembelajaran tatap muka diadakan pada Januari 2021.

Namun, harus melalui izin berbagai pihak mulai dari pemda, kepala disdik, kepala sekolah, hingga komite sekolah yang mewakili orang tua. Sementara orang tua juga diberi kebebasan untuk mengizinkan atau tidak putra/putrinya untuk datang ke sekolah.(Red)

No comments

Powered by Blogger.