Kembali, LPLH Gelar Aksi Demo Tuntut PT Bunga Raya Lestari

BIMA,KabaroposisiNTB.Com--Kembali Lembaga Peduli Lingkungan Hidup (LPLH) "Mada Monggo" gelar aksi demo tuntut kontribusi PT Bunga Raya Lestari selama beroperasi di desa Monggo Kecamatan Madapangga, pada senin 8 februari 2021.

Aksi demo jilid II ini berbeda dengan demo tahap I, Pada Rabu 3 Januari 2021 lalu. Pasalnya, Demo tahap I usai berorasi depan kantor desa Monggo mereka melanjutkan di PT bahkan sempat ada penyegelan sementara. Kali ini para masa aksi usai berorasi di desa setempat, melanjutkan ke kantor camat di Dena.

Dalam orasinya Agus Setiawan S.Pd selaku Korlap meminta pemerintah desa agar terbuka ke publik atas kontribusi pihak PT bagi masyarakat saat orasi di desa.

Dalam tuntutan mereka, Menuntut Pihak PT Bunga Raya Lestari untuk segera melakukan bronjonisasi lahan persawahan di sepanjang pinggir sungai yang menjadi tempat galian perusahaan. Segera melakukan pagar keliling diwilayah perusahaan dengan ukuran ketinggian minimal 10 Meter," pintanya.

Selain itu, Jamsostek kepada seluruh karyawan. Mendata kembali pemilik lahan 1 km untuk diganti rugi. Perbaikan dan pengecoran setiap tanjakan jalan tani yang dilalui kendaraan dalam pengambilan material alam," tuntutan lain ucap Agus dalam orasinya.

Hal lain yang menjadi pentingnya, Jaminan kesehatan bagi masyarakat monggo. Pengecoran bibir jalan dari cabang monggo sampai batas wilayah ncandi.

Masa aksi meminta audiensi terbuka, Dana CSR pihak PT sebagai Hak kami, apabila permintaan kami tak diindahkan pihak PT Segera angkat kaki di Monggo. Selain itu diminta pihak PT agar hadir, dan Pemdes terbuka ke publik atas tuntutan terkait kontribusi PT selama ini. Apabila tuntutan tak dipenuhi kami akan menyegel PT, apabila tuntutan kami tak dipenuhi.

Di kantor camat Dra Arabia selaku sekcam setempat menyampaikan pihaknya akan bersurat kepada pihak PT atas keinginan masa aksi agar bisa dilakukan audiensi. 

"Insyaallah dalam waktu dekat ini akan ada audiensi setelah kami bersurat ke pihak PT Bunga Citra Lestari," ungkapnya.

Usai mendengar penegasan dari sekcam masa aksi membubarkan diri dan berakhir.Pantauan media ini, Pengawalan ektra ketat pihak Polsek, Sat Pol Pp setempat saat aksi demo.

Pihak PT diwakili Yudi selaku Manajer Bas Camp tak bisa memberikan keterangan bahwa audiensi akan digelar dalam waktu dekat ini, dirinya tak bisa menjawab.

" dirinya harus sampaikan dulu kepada pihak manajemen PT. Sementara dirinya selaku manajer bas camp tak bisa berkomentar, dan akan kita koordinasikan dulu ke pihak Manajemen PT," katanya.(KO.O4)

No comments

Powered by Blogger.