PPID Goes to OPD, Diskominfotik NTB Perkuat Sinergi dan Pelayanan Informasi

MATARAM,KabaroposisiNTB.Com--Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Provinsi NTB memiliki tugas dan fungsi yang strategis dalam mengumpulkan, memelihara informasi, dan dokumentasi untuk kebutuhan organisasi dan masyarakat luas. Oleh karena itu, sinergi dan koordinasi antara PPID Utama dan Pembantu (Perangkat Daerah) lingkup pemerintah provinsi NTB sangat penting perannya dalam memberikan pelayanan informasi sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan pembangunan di Nusa Tenggara Barat.

Untuk itu, Diskominfotik Provinsi NTB selaku PPID Utama menggagas PPID goes to OPD sebagai langkah nyata dan “jemput bola”, dengan memberikan sosialisasi, edukasi, dan problem-solving untuk PPID Pembantu.

“Alhamdulillah hari ini kita bisa bersilaturahim dan mendengarkan langsung kendala – kendala yang dialami OPD dalam pelayanan informasi. Sehingga, kita bisa mencari solusi dalam peningkatan pelayanan informasi ke depannya, khususnya peran PPID dalam menggalakkan program unggulan dan strategis NTB” ungkap Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP), Iwan Sapta Taruna, SE, Rabu (10/2) saat PPID goes to OPD ke Dinas Pariwisata dan Dinas Perhubungan Provinsi NTB.

Dalam sosialisasi ini, Kabid IKP yang akrab disapa Iwan ini juga berharap agar PPID OPD dapat terus konsisten dalam mengunggah berbagai informasi untuk di akses oleh masyarakat, mulai dari informasi berkala, serta merta, dan juga tersedia setiap saat.

“Kami berharap OPD dapat menyediakan informasi publik yang maksimal bagi masyarakat. Minimal dalam situs resminya tersedia informasi seperti profil pimpinan, rencana kerja dan anggaran, laporan kinerja, surat edaran, dokumentasi kegiatan, hingga regulasi atau aturan yang dibutuhkan masyarakat untuk pengembangan dirinya” tutup Iwan.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Dinas Pariwisata Provinsi NTB yang diwakili Kasubag Program, Ulfa Juniwanti, menyampaikan beberapa kendala yang dialami. Antara lain, keterbatasan SDM, dan minimnya pengetahuan tentang pengelolaan PPID. “Kami sangat mengapresiasi Diskominfotik yang mau berkunjung dan mendengarkan kendala – kendala untuk diselesaikan bersama” ucap Ulfa.

Senada dengan hal tersebut, Sekretaris Dinas Perhubungan Provinsi NTB, Suryani Eka Wijaya, menyampaikan bahwa Dinas Perhubungan Provinsi NTB sangat serius dalam mengelola PPID. Hal ini dibuktikan dengan penghargaan keterbukaan informasi publik sebagai kategori informatif yang sudah diraih. “Bahkan kami memiliki tim kreatif yang khusus mengelola dan menyediakan konten – konten informasi dan edukasi untuk masyarakat” ujar Sekdis Dishub.

Menutup kunjungan dan silaturahim ini, tim Diskominfotik juga mengingatkan PPID OPD untuk senantiasa mendengungkan berbagai program unggulan dan strategis yang ada di OPD tersebut, baik melalui situs, maupun media sosial resmi.(RED,KO.O3)

No comments

Powered by Blogger.