Muzakkir: “Peningkatan Ketahanan Ekonomi dan Investasi, Prioritas Pembangunan 2022”

Drs. H Muzakkir MSc, Kepala Bappeda Kabupaten Bima.

BIMA,KabaroposisiNTB.Com--Forum Perangkat Daerah Tahun 2021 untuk Penyusunan Rencana Kegiatan Pemerintah Daerah Tahun 2022  sebagai wahana penyelarasan usulan pembangunan tingkat kecamatan dan program/kegiatan unit kerja pemerintah daerah berlangsung Senin (29/03)  di kantor Bappeda Bima diikuti Seluruh Perangkat daerah dan Camat Se-Kabupaten Bima.

Bupati Bima yang diwakili Kepala Bappeda Drs. H. Muzakkir M.Sc dalam sambutannya mengatakan bahwa tema pembangunan Tahun 2022 yaitu “Peningkatan Ketahanan Ekonomi dan Investasi Daerah Melalui Perbaikan Infrastruktur, Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Pelayanan Dasar”.  

Terkait dengan tema tersebut lanjut Muzakkir yang disampingi Sekretaris Bappeda H. Fahrudin S.Sos M.AP, beberapa isu strategis yang akan menjadi prioritas dalam penyusunan dokumen perencanaan yaitu kemiskinan dan pengangguran, pendidikan, kesehatan pertumbuhan ekonomi dan investasi daerah, infrastruktur, pertanian dan ketahanan pangan serta kerusakan lingkungan.

“Permasalahan pembangunan yang harus ditangani antara lain mencakup  mutu pendidikan, penurunan angka kemiskinan dan angka indeks pembangunan manusia (IPM). Titik berat pembangunan juga akan mencakup infrastruktur dan konektivitas wilayah yang masih harus diperbaiki, belum optimalnya penerapan teknologi budidaya pertanian berkelanjutan dan penerapan pola agribisnis  disamping perbaikan kualitas lingkungan hidup”. Terang Muzakkir.

Untuk menjawab permasalahan tersebut lanjut Mudzakir di Tahun 2022 mendatang maka prioritas pembangunan adalah pengurangan angka kemiskinan dan pengangguran melalui peningkatan pelayanan dasar peningkatan kualitas sdm dan pembukaan lapangan kerja melalui industri kecil menengah dan UKM. 

“Prioritas lainnya adalah penguatan ekonomi, peningkatan daya beli masyarakat dan investasi daerah, pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur, konektivitas wilayah dan prasarana umum.Aspek lainnya yang menjadi prioritas adalah pengembangan teknologi pertanian dan pengelolaan hasil serta penguatan ketahanan pangan serta perbaikan kualitas lingkungan hidup dan pada tahun 2022 mendatang alokasi dengan pagu anggaran yang diperkirakan mencapai Rp. 1,91 triliun.

Sebagaimana diketahui,untuk mewujudkan VISI Bima RAMAH Periode II, terdapat lima  misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kabupaten Bima tahun 2021 - 2026 yaitu mewujudkan masyarakat yang memahami dan mengamalkan nilai-nilai keagamaan serta nilai-nilai luhur kebudayaan Bima, Mewujudkan masyarakat yang kondusif dan harmonis dengan mengedepankan prinsip hak asasi manusia serta mewujudkan kemandirian  ekonomi berdaya saing dan kesejahteraan masyarakat. 

"Dua misi lainnya yang akan dijabarkan dalan kurun wjaktu lima tahun mendatang yaitu  Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan dan akuntabel  dan Membangun sumber daya manusia yang maju, mandiri, berdaya saing dan inovatif dengan pengarusutamaan kesetaraan gender," tambah Muzakkir.

Adapun kegiatan ini akan dilaksanakan Selama tiga hari dari Senin - Rabu  (29-31 Maret) 2021 dilakukan klinis  Perangkat Daerah dan Kecamatan sinkronisasi usulan kecamatan dan  program perangkat daerah.(RED,KO.O1)

No comments

Powered by Blogger.