Kinerja Bumdes Tonda Dipertanyakan! Terlihat Jalan ditempat Walau Pengurus Baru

BIMA,KabaroposisiNTB.Com--Kelanjutan kinerja daripada Bumdes desa Tonda hari ini perlu dipertanyakan secara mendalam perihal program yang dilaksanakan oleh aparatur Bumdes desa Tonda setelah di lantik pada tahun 2019 dinilai jalan ditempat. Demikian Disampaikan Egi Tonda Putra saat ini mengenyam ilmu di Kampus Universitas Muhammadiyah Mataram.

Kata dia, Kemana dan di gunakan untuk apa anggaran bumdes setelah di lantik.Bumdes bukan dijadikan sebagai ajang untuk di manfaatkan untuk kepentingan kelompok ataupun segelintir kepentingan elite politik," saja ucap Egi.

 "Pada dasarnya Bumdes adalah wadah untuk memakmurkan masyarakat desa. Secara terminologi Bumdes didirikan untuk memuwujudkan kesejahteraan masyarakar dalam konsep simpan pinjam, namun hal demikian berbanding terbalik dengan kondisi objektif dilapangan hari ini atas Bumdes Tonda," jelas Mahasiswa Semester 2 Pemerintahan ini.

Sambung dia, Kinerja daripada Bumdes desa Tonda sangat tidak berjalan secara struktural, pasalnya terdapat beberapa ketimpangan yang terjadi dalam kepengurusan Bumdes hari ini," tambahnya.

"Ketimpangan itu muncul pada saat terjadinya audit oleh pihak inspektorat dalam mempertanyakan anggaran keluar masuk yang dipergunakan oleh Bumdes desa Tonda, dalam audit yang dilakukan oleh inspektorat pihak Bumdes tidak dapat menunjukan laporan keuangan yang jelas dari anggaran 87 juta sebagai modal awal 2019 lalu paska kepengurusan diganti," terang Egi.

Ia juga menegaskan, diduga aliran anggaran keluar masuk tidak disertai dengan bukti-bukti nota belanja yang kuat dan kami menduga terdapat ada indikasi manipulatif yang dilakukan oleh oknum perangkat bumdes desa tonda dalam memotong anggaran keluar masuk kas Bumdes.

"Terlepas dari beberapa indikasi tersebut, para pengurus Bumdes harus mampu bertanggung jawab dihadapan masyarakat, serta berani melaporkan neraca keuangan secara transparansi," pintanya.

Hingga berita ini diturunkan, pihak Desa dan pengurus Bumdes belum bisa dihubungi media ini.(KO.O4)

No comments

Powered by Blogger.