Ponpes Modern Darulifta Algontory Bima Di Resmikan, Adopsi Kurikulum Ponpes Dari Jawa Timur

Pondok Pesantren Modern Darulifta Algontory (PMDA) Bima.

BIMA,KabaroposisiNTB.Com--Pengasuh Pndok Pesantren Modern Darulifta Algontory (PMDA) Bima, Ustadz H.Muh. Yunan P, Lc., M. HI bawa Pondok Pesantren Modern Darul Ifta Al Gontory adalah sebuah yayasan yang menitik beratkan pendidikan dalam hal keagamaan dan menciptakan kader-kader pemimpin ummat yang berjiwa Qur’ani dengan berdasar kepada Al Quran dan Sunnah sebagai pedoman hidup serta Undang-undang dan Pancasila sebagai dasar Negara. 

Menurut Alumni Universitas Al-Azhar Kairo Mesir ini bahsa Ponpes ini berbeda dengan pondok-pondok lainnya karena tidak memadukan pondok dengan SMP/Mts atau yang biasa disebut SMP IT atau Mts IT.

Ponpes Modern Darul Ifta Al Gontory murni berdiri sendiri namun bersifat mu’adalah (disamakan) derajatnya dengan lulusan SMP/Mts ketika tamat nanti, sehingga ijazah yang diperoleh dapat digunakan untuk melanjutkan ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi (SMA/MA) tampa harus mengikuti ujian persamaan. 

Ustadz H. Yunan menegaskan bahwa hal ini sebagaimana tertuang dalam PERATURAN MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 18 TAHUN 2014 TENTANG SATUAN PENDIDIKAN MUADALAH PADA PONDOK PESANTREN. 

"Dengan demikian, maka kurikulum yang digunakan oleh Ponpes Modern Darul Ifta Al Gontory adalah murni kurikulum Pondok Pesantren. Sehingga para santri dan santriwati sepenuhnya akan mempelajari ilmu agama tampa menafikan ilmu-ilmu umum yang dalam kurikulum Ponpes tetap ada walaupun hanya 30 porsen" ungkapnya.

Masih Menurut Ustadz H. Yunan Selain pembelajaran ilmu-ilmu agama dalam kelas dan kajian-kajian kitab kuning di luar kelas, Ponpes Modern Darul Ifta Al Gontory juga tidak menutup diri dalam kegiatan-kegiatan ektra lainnya; seperti kursus Bahasa Arab dan Inggris, Kepramukaan, Organisasi Pelajar Pondok Modern (OPPM) ataupun Olahraga. Sehingga santri/santriwati tidak hanya memiliki ilmu agama dan umum saja, tapi juga memiliki kemampuan dan ketarampilan lain dalam berorganisasi, tentunya dengan mengedepankan akhlak mulia dan adab qur’ani.

Secara teori, Ponpes Modern Darul Ifta Al Gontory adalah perpanjangan tangan dari Ponpes Modern Darussalam Gontor yang ada di Kabupaten Ponorogo Jawa Timur.

"Maka tidak heran Sistem dan Kurikulum di Ponpes Modern Darul Ifta Al Gontory adalah merupakan Sistem dan Kurikulum yang di adopsi langsung dari Ponpes Modern Darussalam Gontor" Demikian Ungkap Ustadz H. Yunan yang juga sebagai Alumni Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Ponorogo Jawa Timur ini.

Saat Acara Peresmian Pada Hari Minggu (11/4/2021), Ketua Yayasan PMDA Bima, H. Dian Ilyas Dranolid, S. Pd menyebutkan  bahwa berdirinya Pondok Pesantren ini tidak terlepas dari upaya dan komunikasi dari berbagai pihak seperti Mantan Ketua STKIP Bima, DR. H. Darwis HAR dan MUI Kabupaten Bima Drs. H. Ahmad Abidin

Sekretaris Camat Bolo mewakili Pemerinrah Kecamatan Bolo, sampaikan ucapan terimakasih pada pengasuh pondok pesantren dan berharap mudah-mudahan dengan adanya pondok pesantres modern Al- Gontory Bima di Wilayah Kecamatan Bolo ini membawa anak-anal kita maju dalam hal agama. 

Ditambahkan Sekcam, Mudah mudahan pondok ini bermanfaat untuk pendidikan keagamaan di kecematan Bolo, kabupaten Bima umumny," ungkapnya

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bima, Drs. H. Ahmad Abidin, menyampaikan dalam kata sambutannya bahwa dengan adanya Pondok Pesantren Modern Al Gontory Bima ini berarti sama denhan transfer Ilmu dan kembangkan untuk orang lain, maka akan meninggikan derajat kita di dunia dan akhirat.

"Tujuan pondok pesanten adalah mencerdaskan kehidupan Beragama, Berbangsa dan Bernegara" ungkap H. Ahmad Abidin.(RED,KO.O1)

No comments

Powered by Blogger.