Undikma Dan SMAN 1 Dompu Mengadakan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah

Kabupaten Dompu,KabaroposisiNTB.Com--Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA) dan SMA Negeri 1 Dompu mengadakan pelatihan penulisan karya tulis ilmiah untuk guru. Kegiatan awal dilakukan selama Dua Jam Rabu (6/7/2021) dengan tujuan agar guru-guru dapat memamahami konsep penelitian dan penulisan karya ilmiah dengan lebih baik. 

Kepala SMA Negeri 1 Dompu,Muhamad Ihsan,S.Pd berharap setelah peserta mengikuti pelatihan bisa lebih berpikir terstruktur dan dikonversikan dalam tulisan karya ilmiah, sehingga budaya riset juga berkembang.Kegiatan seperti ini akan terus dilaksanakan agar guru-guru kami bisa memiliki banyak publikasi karya ilmiah," ucapnya.

Kepala Lembaga Pendidikan Pembelajaran dan Pelatihan Microteaching (LP3M) UNDIKMA, Dr.Sutarto, S.Pd.,M.Pd Yang merupakan salah satu dosen terbaik di UNDIKMA sebagai Narasumber dalam kegiatan tersebut. Ia mengatakan Bahwa kegiatan tersebut bertujuan agar guru-guru bisa menghasilkan karya tulis ilmiah yang dapat digunakan sebagai syarat pangkat/golongan. Dari penelitian yang dihasilkan nanti diharapkan dapat memberikan solusi atas masalah yang ada. 

"Output akhir dari rangkaian kegiatan pelatihan tersebut adalah peserta dapat menghasilkan karya ilmiah yang dipublikasikan di jurnal terakreditasi SINTA. Peserta pelatihan adalah 20 Guru-Guru terpilih," tutur Sutarto.

Lebih lanjut,Dr. Sutarto, S.Pd.,M.Pd. menambahkan bahwa dalam PermenPANRB No.16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, mewajibkan guru untuk membuat karya tulis ilmiah yang dipublikasikan kepada masyarkat. Publikasi ilmiah dapat berupa presentasi pada forum-forum ilmiah, melaksanakan publikasi ilmiah hasil penelitian atau gagasan ilmu pada bidang Pendidikan formal atau dapat berupa publikasi buku teks pelajaran, buku pengayaan dan pedoman guru," Tambahnya.

"Sebagai Seoarang alumni SMA Negeri 1 Dompu Tahun 2003, Sutarto menyatakan akan siap membantu guru-guru untuk mempublikasikan artikel yang telah dibuat dibeberapa jurnal terakreditasi SINTA baik pada jurnal di lingkungan UNDIKMA atau JPIN: Jurnal Pendidik Indonesia yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Intan Cendekia," jelas Sutarto.(KO.O1)

No comments

Powered by Blogger.