Tuntaskan Rehabilitasi Bendungan Sape, Pemprov NTB Selamatkan 2.650 Hektar Sawah

Saat Kadis PUPR Provinsi NTB Cek Bronjong Yang Dibangun di Bima.Foto: Alfaisal.

BIMA,KabaroposisiNTB.Com--Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) telah membangun Bronjong untuk rehabilitasi tebing bendungan Sape yang rusak akibat banjir. Rehabilitasi bendungan Sape atau yang biasa dinamai masyarakat dengan Raba Semen telah menyelamatkan area persawahan seluas 2.650 hektar yang terancam tidak diairi.

"Saat ini kita sudah memperbaiki dan merehabilitasi berbagai kerusakannya. Terutama dibagian tebing yang diakibatkan  banjir untuk memproteksi lahan persawahan yang berada di sisi kiri bendungan," Ungkap Kepada Dinas PUPR NTB, Ir. Ridwansyah saat meninjau lokasi bendungan Sape, Rabu (01/09/21).

Selain memperbaiki tebing bendungan, lanjut  pria yang akrab disapa Dae Iwan, pemerintah juga sudah melalukan perbaikan terhadap jempatan perlintasan bendungan yang di mana sebelumnya merupakan kontruksi yang terbuat dari kayu. Sehingga dengan adanya rehabilitasi jembatan ini lebih aman bagi masyarakat terutama bagi siswa SMAN 2 Sape yang selalu melintasi jembatan tersebut.

"ini merupakan upaya pemerintah agar fasilitas penunjang bendungan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar baik sebagai akses pertanian, pendidikan maupun kegiatan sosial kemasyarakat lainnya," jelasnya.

Selain itu, beberapa titik seperti perbaikan dinding, pengendapan sedimen dan rehabilitasi saluran irigasi akan segera dituntaskan. Sehingga target proyek senilai Rp 6,9 miliyar itu dijadwalkan rampung pada Desember 2021 mendatang. Sumber dana dari proyek ini merupakan bantuan dari Asian Development Bank (ADB) atau Bank Pembangunan Asia.(RED,KO.O2)

No comments

Powered by Blogger.