Wagub Ummi Rohmi Minta Sistem Pelaporan Serapan Vaksin Dipercepat

Mataram,KabaroposisiNTB.Com-- Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah meminta agar sistem pelaporan serapan vaksinasi dipercepat. Guna memenuhi target dan percepatan pendistribusian vaksin ke NTB.

"Kalau sudah disuntikan dosis vaksinnya, segera laporkan dan input ke aplikasi Kemensos RI," pesa Ummi Rohmi saat memantau penyelenggaraan vaksinasi massal, Sabtu (18/9/2021) di kantor desa Tete Batu, usai meninjau vaksinasi terhadap siswa di SMA 1 Sembalun Lombok Timur.

Supaya Pemerintah Pusat dapat mengetahui serapan vaksin. Sehingga droping vaksin ke NTB lancar dan terus bertambah.

"Karena selama ini, keterlambatan pasokan vaksin ke daerah akibat lambatnya pemda memberikan laporan juga,"jelas Ummi Rohmi didampingi Asisten I Setda Provinsi NTB.

Wanita pertama yang menjadi Wagub di NTB ini, terus mendorong percepatan serapan vaksinasi diseluruh wilayah NTB. Terutama daerah tujuan wisata, seperti Sembalun dan Teteh Batu.

"Apalagi desa Tete Batu merupakan nominator desa wisata dunia yang ditetapkan WHO,"ungkap mantan ketua DPRD Kabupaten Lombok Timur ini.

Termasuk persiapan NTB menyambut perhelatan akbar dunia Word Super Bike di November 2021 dan MotorGP awal tahun 2022 nanti.

Oleh sebab itu serapan vaksinasinya harus mencapai target hingga 70 persen. Supaya masuk dalam zona hijau.

Wagub juga mengapresiasi penyelenggaraan vaksinasi yang di inisiasi oleh Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Provinsi NTB bekerjasama dengan Pemrov. NTB dan Pemda Kabupaten Lombok Timur.

Usai menyapa warga yang antri di desa Tete Batu, Wagub juga sempat meninjau pelayanan perbaikan E-KTP oleh Dinas Kependudukan dan Capil Kabupaten Lombok Timur.

"Ini ide yang bagus, selain melakukan vaksin juga membuka pelayanan dukcapil,"jelas Wagub didampingi Kadis Kesehatan, Karo Umum dan Kesra.

Ia juga berpesan kepada Kades Tete Batu, untuk mendata dan menverifikasi data masyarakat miskin dengan sebaik mungkin.

Ditambahkannya, Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) hsrus sesuai dengan kondisi rill masyarakat, sehingga bantuan dari pemerintah tepat sasaran.

Cucu pahlawan nasional asal NTB juga berkesempatan melihat langsung perpustakaan desa dan posyandu keluarga.

Sebelumnya, mewakili Bupati Lombok Timur, Sekda Drs. H. M. Juani Taofik, M. AP., mengatakan terus menggenjot serbuan vaksinasi di Lombok Timur.

"Dorongan dan perhatian Ibu Wagub sangat luar biasa untuk percepatan vaksinasi,"kata Sekda Lotim.

Sehingga, sinergi dan kolaborasi untuk memutus mata rantai Covid, dengan vaksinasi massal akan menyasar disemua wilayah masyarakat Lombok Timur. 

Ada 6 titik penyelenggaraan 1.000 vaksinasi di kecamatan Sikur, yaitu kantor desa Tete Batu, Mushalla Nurul Yaqin dusun Kembang Sari Lauq, lingkungan baru BLK YPP Annasiria, kantor desa Tete Batu Selatan dan gelanggang kantor desa Kota Raja.(KO.O3)

No comments

Powered by Blogger.