Babe dan Maman Sesalkan Pemecatan 52 Karyawan PDAM

Keterangan foto: M. Aminurlah Wakil Ketua DPRD, dan Wakil Bupati Bima Drs Dahlan M.Noer.

Kabupaten Bima,KabaroposisiNTB.Com--Beberapa waktu lalu, Direktur PDAM Bima, H. Khairuddin, mengeluarkan surat pemecatan 52 Karyawan PDAM. Hal ini, mendapatkan sorotan dari pihak Pemerintah Daerah dan  DPRD Kabupaten Bima. Wakil Bupati Bima, H. Dahlan M. Noer, menyesalkan sikap direktur yang pecat 52 karyawan PDAM Bima.  

Kata dia, jika pemecatan yang diambil direktur berdasarkan ketidak hadiran, maka harus juga disaring kebenarannya. Artinya, sebagai pimpinan tidak langsung mengambil langkah seperti itu dong," sesalnya, saat ditemui, di Kantor Dewan, Pada Senin (25/10).

Babe sapaan akrab Wakil Bupati Bima, Ia telah minta penjelasan sama direkturnya, akan tetapi pemecatan itu banyak yang komplain, karena tidak semua yang dipecat itu tidak pernah hadir," katanya.

Ia menyebutkan, sudah diperintahkan bupati, untuk memanggil dan meminta penjelasan terkait ini," ungkapnya.

"Atas dasar itu, pemerintah akan segera memanggil pihak-pihak yang bersangkutan, yakni karyawan-karyawan yang dipecat untuk  diminta penjelasan satu persatu. Selain itu, direktur dan pihak terkait dari pemerintah daerah juga akan diundang untuk bicarakan terkait itu. in Syaa Allah kalau tidak hari ini atau besok," imbuhnya.

Hal yang sama disampaikan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bima, Muhammad Aminurlah, Ia menyesali keputusan yang diduga tidak berdasar tersebut. 

Maman sebutan akrabnya, mestinya harus ada tahapan yang dilewati sebelum adanya keputusan PHK. Seperti teguran pertama, dua dan tiga, itu harus ada katanya. 

"Kita harus tahu juga apa kesalahannya, jangan langsung begitu," ujarnya, Senin (25/10) diruangannya.

Selain menyayangkan sikap direktur tersebut, pihak DPR akan segera memanggil dan menanyakan terkait hal itu. Menurutnya, kebijakan yang diambil juga harus memikirkan efek terhadap karyawan, apalagi sekarang kondisinya Covid-19. 

"Ibu bupati juga harus menanggapi hal ini dengan cepat," sarannya.

Hingga berita ini diturunkan, Direktur PDAM belum bisa dikonfirmasi.(RED,KO.O1)

No comments

Powered by Blogger.