Dr. Najm: Perkuat NTB Care Sebagai Media Layanan Aspirasi Masyarakat

MATARAM,KabaroposisiNTB.Com-- NTB Care adalah inovasi Pemprov NTB sebagai media aspirasi dan layanan komunikasi dua arah antara Pemimpin dengan masyarakat NTB. Berbagai pengaduan dan informasi terkait layanan pemerintahan, pembangunan sosial kemasyarakatan dan sebagainya di terima untuk diselesaikan oleh pemerintah. Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi NTB sebagai pengampu program unggulan NTB Care, terus berikhtiar dalam memperkuat dan menggencarkan sosialisasi untuk meningkatkan literasi dan pengetahuan masyarakat tentang program-program unggulan sesuai RPJMD NTB Tahun 2019-2023.

“Salah satunya adalah pemanfaatan aplikasi NTB Care sebagai media untuk menampung dan menangani pengaduan masyarakat terkait berbagai masalah layanan publik. Sekaligus wujud pemerintah Provinsi NTB hadir untuk mau mendengar keluh kesah dan menampung ide- ide baik dari masyarakat sebagai bahan untuk menyempurnakan kebijakan dan program-programnya,” kata Kepala Diskominfotik NTB, Dr. Najamuddin Amy, Senin (22/11) saat membuka Sosialisasi NTB Care dan layanan pengaduan masyarakat lainnya di Aula Kantor Diskominfotik NTB.

Dihadapan peserta sosialisasi yang terdiridari para Admin di masing-masing OPD Pemprov NTB ini, Dr. Najm panggilan akrab Kadiskominfotik ini menambahkan,  NTB Care merupakan jawaban pasti atas kerisauan ataupun kebingungan masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah agar dapat ditindaklanjuti.

Ia menambahkan, NTB Care ini menjadi sangat urgen karena pekerjaan ini merupakan pekerjaan kemanusiaan, pencerahan, literasi, edukasi kepada masyarakat. Bila bergulir informasi yang tidak jelas terkait atau yang bersentuhan dengan OPD masing-masing, maka kewajiban para Admin PPID/OPD masing-masing untuk menjelaskan ataupun meluruskannya agar informasi itu itu tidak membias kemana-mana.

“Itulah sebabnya kami di Diskominfotik NTB ini setiap apel pagi Senin itu ASN dan Non ASN itu dituntut untuk aktif bermedia social agar informasi yang kurang baik tentang NTB bisa dijawab dengan cepat dan tepat. Semua it bis akita lakukan karea kita memiliki data dan informasiyang kita miliki,” kata Dr. Najm.

Kadiskominfotik menjelaskan, ada dua acara agar bisa memberikan informasi yg benar kepada orang lain baik didunia maya dan di dunia nyata secara cepat dan tepat. Admin di masing-masing OPD juga harus berperan aktif di media sosial  untuk menyampaikan hal-hal yang baik.

“Karena sekali lagi menjadi Admin NTB Care itu adalah panggilan ahti, nurani, jiwa karena ini adalah pekerjaan keanusiaan. Karena itu kepada para aduan yang diterima oleh para Admin untuk segera disampaikan kepada Kepala OPDnya untuk memberikan jawaban agar Tim bergerak cepat untuk ditindaklanjuti. Aduan masyarakat yang masuk kita inginkan agar bergerak cepat untuk dibantu,” kata Dr. Najm.

Ia menambahkan, aduan masyarakat yang ditindaklanjuti merupakan bentuk rensponsibility kepada masyarakat bahwa ini bahwa NTB Care ini merupakan program unggulan yang harus diutamakan. Dan ini menjadi cara kita melayani masyarakat itu dengan sebaik-baiknya. Diharapkan aplikasi NTB Care ini betul-betul bisa dimanfaatkan dan dimaksimalkan dengan sebaik-baiknya oleh masing-masing  OPD.

Dr.Najm juga menekankan, Gubernur dan Wakil Gubernur NTB merupakan Wakil pemerintah pusat di daerah. Fungsi Diskominfotik ini adalah menyiapkan aplikasi agar berjalan dengan baik, pengembangan dan pemeliharaan aplikasi NTB Care in. Namun fungsi eksekusi menyampaikaninformasi kepada masyarakat secara lebih teknis ada di OPD masing-masing.

“Mari kami ajak semua mulai hari ini untuk meramaikan FB-nya Gubernur, Wakil Gubernur dan media sos dengan informas-informasi baik sebagai car akita memberikan pelayanan cepat kepada masyarakat sebagaimana yang kita lakukan di NTB Care selama ini. Silahkan ikuti sosialisasi ini dengan sebaik-baiknya. Tanpa kedairan para Admin di dunia nyata/dunia maya untuk menjawab keluh kesah masyarakat warga NTB. Kita diberikan tugas mulia oleh Gubernur dan Wakil Gubennur untuk mengawal NTB Care ini sebagai perpanjangan tangan pelayanan kita kepada masyarakat NTB,” demikian Dr. Najm.(KO.O3)

No comments

Powered by Blogger.