HMS Menemui Menteri Perdagangan M Lutfi Membahas Rendahnya Nilai Jual Bawang Merah di Pulau Sumbawa

Keterangan foto: Anggota DPR RI H Muhammad Syafrudin ST, MT, menemui Mentri Perdagangan M.Lutfi.

JAKARTA,KabaroposisiNTB.Com--Peduli atas nasib petani bawang merah, dengan  turunnya (anjloknya) harga di Pulau Sumbawa, Anggota DPR RI H.Muhammad Syafrudin ST, MT, dari fraksi PAN Dapil NTB I (Pulau Sumbawa) atau dikenal dengan sapaan akrab HMS menemui Menteri Perdagangan M.Lutfi terkait rendahnya nilai jual bawang merah, pada Senin (22/11).

"Saya menemui langsung Menteri Perdagangan RI Bapak M. Lutfi di kantornya menyampaikan berbagai masalah pertanian di NTB khususnya dipulau Sumbawa termasuk maraknya tuntutan petani bawang di Bima berkaitan dengan rendahnya nilai jual bawang," kata HMS pada media ini.

Ia mengungkapkan, dalam pembicaraan tersebut saya mengutarakan agar dalam waktu dekat pemerintah bisa menyerap bawang merah yang sekarang sudah dipanen oleh masyarakat melalui Bulog dan diperkirakan ada sekitar 9.000 ton yang tersedia pada musim panen sekarang di Bima kedepan baru kita carikan solusinya," ungkap Anggota DPR RI Komisi IV.

"Adapun caranya mengatasi, HMS menjelaskan, yakni dengan melibatkan petani lokal membentuk suatu perusahaan sehingga menjadi suatu prasyarat untuk melakukan ekspansi di level nasional untuk pengadaan bawang merah baik untuk mencukupi kebutuhan nasional maupun untuk kebutuhan untuk pengiriman keluar negeri (eksport)," jelas dia. 

HMS menambahkan, IBI adalah salah satu regulasi yang bisa diterapkan guna menjaga stabilitas harga dan penyerapan penyediaan bawang merah, selanjutnya diharapkan juga pihak pertanian membuat semacam storage gudang yang modern dilengkapi dengan pengatur suhu yang stabil sehingga sebelum laku maka hasil panen tersebut terlebih dahulu disimpan dalam gudang tersebut untuk menjada kesegarannya sambil menunggu proses packing ke penjual.

Dalam kesempatan yang sama juga Mendag M Lutfi juga menyampaikan bahwa sudah mengutus Dirjen Perdagangan Dalam Negeri (Oke Nurwan) untuk ke Bima menemui pihak Pemerintah Daerah guna mengkonsultasikan perihal tersebut, dan sayapun ucap HMS menghubungi juga Pak Dirjen Dagri yang dalam perjalanan menuju NTB.

HMS mengatakan juga,bahwa dirinya dengan Mendag dulu sama-sama mendampingi Wapres Jusuf Kalla berkunjung ke Afrika, ketika dulu saya masih duduk di DPP KNPI, dan juga Wakil Menteri Perdagangan Pak Jery Sambuaga adalah teman saya ketika di Komisi I, jadi saya sangat bisa mengkomunikasikan hal-hal yang menjadi kendala dilapangan perihal perdagangan, dan semoga hasil dari kunjungan Dirjen Dagri ke Bima dapat dilaporkan segera ke Pak Menteri sehingga bisa diambil keputusan dengan segera, pinta Anggota DPR Tiga periode ini.(RED)


No comments

Powered by Blogger.