Kembali, PKBM Menuai Sorotan, Diduga Penerima Bantuan Banyak Fiktif

BIMA,KabaroposisiNTB.Com--Ada dugaan kuat data Profil PKBM di Kabupaten Bima, banyak yang terdaftar di Kemendikbud itu banyak bohong alias Palsu demi pencairan dana bantuan. Hal ini, selalu menjadi sorotan beberapa tahun terakhir ini, baik oleh pegiat LSM dan media," ucap Arif Reno, Minggu (12/12). 

Ia mengungkapkan, Data Profil PKBM di Kabupaten Bima yang terdaftar di Kemendikbud itu Banyak yang Bohong Alias Tipu tipu dalam Kegiatannya," ungkapnya.

"Fakta di Lapangan Foto Gedung, Sarana dan Pra Sarana untuk kegiatan Belajar Mengajar itu Banyak yang Foto Rumah orang Hanya Pasang Pasang Papan informasi sementara saja," ada datanya, Arif Reno mengaku. 

Sambung Arif Reno, mengatakan hampir sebagian penyelenggara satuan PKBM itu tidak sesuai dengan apa terdaftar di data profil Lembaga itu sendiri, Misalnya kaitan dengan penyelengga kegiatan pembelajaran itu di atur pagi selama 6 Hari namun fakta di Lapangan itu tidak, bahkan Gedung sekolah dan di sebutkan beberapa ruang kelas yang mereka data di data profil "Sebagian" Satuan Pendidikan itu di Duga Bohong.

Dikatakannya, Kuat dugaan PKBM bermain dengan Dinas terkait demi memuluskan pencairan bantuan operasionalnya. ini terjadi bukan di tahun 2021 saja, tahun tahun sebelumnya juga terjadi," tuturnya. 

Disisi lain, pembiaran ini terus dilakukan pihak Dinas demi kepentingan terselubung oknum oknum tertentu," tandas Arif Reno. 

Hingga berita ini diturunkan, pihak dinas belum bisa dikonfirmasi atas hal ini.(RED)

No comments

Powered by Blogger.