Anggaran Sudah Cair 100 Persen, Kegiatan Rehabilitasi SDN Kambilo dan SDN Inpres Maria 1 belum Tuntas

Bima,KABAROPOSISINTB.Com--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima harus bersyukur dapat alokasi anggaran puluhan miliyar yang bersumber DAK Bidang Pendidikan Tahun 2021 untuk rehabilitasi bangunan SD dan SMP. 

Dari anggaran puluhan miliyar tersebut tercatat sekitar 100 lebih paket proyek, namun dari total tersebut sebanyak 80 paket ditenderkan.

Berdasarkan informasi yang didapat, pelaksana 2 item kegiatan tersebut adalah oknum insial DT yang juga adalah saudara kandung Bupati Bima. Terkait masalah tersebut, diduga kuat oknum DT sengaja tidak menyelesaikan kegiatan supaya mendapatkan keuntungan semata. Demikian disampaikan Usrah SH alias Andre selaku direktur BCW.

"Betapa tidak, berkaitan dengan 2 item kegiatan tersebut, pencairan anggaran sudah 100 persen, yakni dilakukan di bulan Desember lalu, tapi kegiatan belum rampung," kok bisa dinas mencairkan anggaran," sesal Usrah. 

Kata dia, selama ini banyak sekali pekerjaan proyek diduga dilaksanakan keluarga dekat Bupati Bima dan kerabatnya selalu bermasalah. Hal ini berdasarkan pantauan dia di dunia Maya dan pemberitaan media selama ini. 

"Ia menjelaskan kalau hal ini sering terjadi, bagaimana bisa baik daerah kita ini. Apalagi banyak sekali program dilaksanakan kerabat penguasa (Bupati,Red) seperti Program BPNT, dari dinas sosial dan lain lain," imbuh Usrah. 

Dia menyampaikan hal ini, karena sering sekali terjadi dan anggaran negara sia sia saja selama ini kalau seperti ini terus dan akan banyak pejabat terseret demi memuaskan keluarga penguasa," tuturnya.

Disisi lain, informasi dia dapat dari Mantan Kabid Dikdas selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), pekerjaan atas proyek tersebut khususnya SDN Kambilo 2 telah diblokir atas rekening itu," terang Andre Sapaan Usrah.

Hingga berita ini diturunkan pihak dinas terkait belum bisa dikonfirmasi atas hal ini.(Ko.O1)

No comments

Powered by Blogger.