HMS Meminta Program Shrimp Estate Berpihak Kepada Nelayan menjadi Rakyat Kecil

Bima,KABAROPOSISINTB.Com--Beberapa waktu lalu (9/2) Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, cq Dirjen Budidaya melakukan Bimbingan Tekhnik bagi Kepala Daerah yang akan mendapatkan fasilitas Shrimp Estate melalui Proyek Bantuan Luar Negeri. 

Hadir dalam tersebut Anggota DPR RI dapil NTB 1 pulau Sumbawa H.Muhammad Syafrudin atau lebih akrab disapa HMS dari Partai Amanat Nasional serta Johan Rosihan dari Partai Keadilan Sejahtera.

Sementara itu, Adapun pesertanya adalah dari Kabupaten Konawe Selatan dan Kabupaten Muna masing-masing dari Sulawesi Tenggara, Kabupaten Aceh Timur dari Aceh, Kota Baru dari Kalimantan Selatan dan Kabupaten Sumbawa dari NTB. 

Dari pihak Pemerintah hadir Dirjen Budidaya (TB Heru), Direktur KKI (Tinggal) serta Staf Khusus KKP (Viktor Manopo) dalam paparan Dirjen Budidaya KKP menyampaikan bahwa program Shrimp Estste tersebut tidak berada disemua provinsi bahkan kabupaten diseluruh tanah air tetapi hanya daerah daerah yang memiliki potensi kelautan pesisir yang memang memiliki tingkat kelangsungan budidaya udang yang sangat tinggi serta memiliki akses serta sarana prasarana yang telah melalui verifikasi sehingga kedepan rencana  pembangunan Shrimp Estate tersebut akan terlaksana sesuai program yang diinginkan,dan akan memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat umumnya serta masyarakat nelayan khususnya. 

Sementara itu H Muhammad Syafrudin dalam paparannya mengharapkan agar pemerintah benar-benar bisa memperhatikan rakyat kecil disekitar lokasi tersebut sehingga mereka tidak menjadi penonton ditanahnya sendiri tetapi justru menjadi penentu bagi peningkatan ekonomi masyarakat di negeri, demikian kandidat Doktor Universitas Brawijaya tersebut menyampaikan dengan semangat.

Dalam ulasannya HMS menambahkan,banyak banyak pembangunan yang berdiri dengan megah tetapi masyarakat disekitarnya justru tidak menikmatinya, ini adalah merupakan kesalahan yang tidak boleh terjadi dalam program shrimp estate ini," pintanya. 

Hadir dari Kabupaten Sumbawa Wakil Bupati Sumbawa (Hj Novy), serta Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dirmawan) serta yang mewakili Kadis DKP Provinsi NTB.

Sebelumnya HMS, optimis dengan adanya rencana pemerintah pusat untuk mengembangkan Shrimp Estate di kabupaten Sumbawa yang terletak di Desa Kukin dan Penyaring Kecamatan Moyo Utara memiliki daya tarik sendiri disamping mampu menyerap tenaga kerja juga dapat meningkatkan perekonomian rakyat," kata dia dimedia ini sebelumnya.

Dia berharap dengan program ini, kedepan akan berpihak kepada Nelayan Kecil di kabupaten Sumbawa.Pasalnya, dengan adanya Shrimp Estate pekerja akan bertambah dan perekonomian akan meningkat," ucapnya. 

"Oleh demikian Pemda Sumbawa agar kiranya benar benar mempedulikannya nelayan kecil pasca ini berjalan demi kemajuan daerahnya," harap DPR RI Tiga Periode ini.(Ree,Ko.O1)




No comments

Powered by Blogger.