Kepala DKP NTB Terima Kunjungan DPRD NTB dan Kepala DKP Kab. Bima, Ini Pembahasannya

MATARAM,KabaroposisiNTB.Com--Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB Muslim, ST.,M.Si menerima kunjungan dari Wakil ketua Komisi II DPRD Propinsi NTB Abdul Rauf, ST., MM dan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bima di ruang kerjanya, Rabu (16/02). 

Kunjungan tersebut membahas terkait percepatan industrialisasi garam di Kabupaten Bima dimana Pemerintah serius untuk menyelesaikan permasalahan garam di NTB.

Dalam kesempatan itu Kadislutkan NTB menyampaikan bahwa 3 hal yang penting diperhatikan dalam pengelolaan garam ini yang pertama adalah konstruksi tambak garam,

“Gudang produksi merupakan hal yang krusial dalam industrialisasi garam karena untuk menampung mesin-mesin, setelah itu rampung baru kita bisa lanjut untuk menyusun SOP dan menyiapkan SDM,” ujar Muslim.

Ia juga menyoroti peran dari masing-masing stakeholder harus lebih diperjelas, serta perlu mendorong BUMD mengambil peran sebagai offtaker.

“Peran BUMD sebagai offtaker juga harus didorong agar meningkatkan semangat petani garam kita untuk meningkatkan kualitas produksinya,” jelas Muslim.

Agar garam di Bima dapat memenuhi kualitas Industri, perlu diterapkan teknologi produksi garam dengan menggunakan mesin dimana DPRD Provinsi NTB dan Kadislutkan NTB telah melakukan kunjungan ke Universitas Trunojoyo dimana teknologi produksi garam disana akan diterapkan di Kabupaten Bima.

Selain itu, Pemerintah Daerah Provinsi NTB sedang dalam tahap penyusunan Peraturan Daerah tentang Perlindungan Nelayan Kecil, Pembudidaya kecil, dan Petambak Garam untuk mengatur tata kelola garam di Provinsi NTB.(Ko.O2)

No comments

Powered by Blogger.