Ban Paud dan Non Formal Gelar Sosialisasi Akreditasi di Bima


BIMA,KabaroposisiNTB.Com--Badan akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal provinsi NTB mengelar sosialisasi akreditasi tahun 2022 di kabupaten Bima di SKB Rato, pada  Kamis 19 Mei 2022. 

Kegiatan diikuti Paud dan Pnf sebanyak 160 tersebar di 18 kecamatan di kabupaten Bima, jajaran Dikbudpora Bima diwakili Kabid PAUDNI Rusdin H. Abdullah S.Pd MPd. 

Ida Mursyidah S.Pdi anggota Ban Paud dan Pnf provinsi NTB menyampaikan sosialisasi ini dilakukan di 10 Wilayah kota dan kabupaten se-NTB. 

"Kegiatan ini dalam mensosialisasikan Sispemanag (sistem penilaian akreditasi sekolah nasional) bagi Paud dan Pnf di NTB," tutur Ida Mursyidah. 

Dikatakannya, Adapun hal penting dimiliki Paud dan Pnf yakni Ijin operasional, akta notaris, Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Hal lain yang penting juga Dapodik (data peserta didik) dan Sertivikat, Piagam penghargaan pelatihan dan ijazah guru untuk di Scan serta untuk diupload data yang diminta," ungkap Ida Mursyidah. 

Ia mengungkapkan ada 6000 Paud lembaga formal dan Lembaga Non formal se-NTB. Sementara di kabupaten Bima ada 600 Paud yang terdata," terangnya. 

Sementara itu di Paud ada tiga layanan yang harus dilaksanakan yakni SPS (satuan paud sejenis)  terintergrasi layanan posyandu Usia 0-2 balita, KB (kelompok bermain) usia 2-4 tahun, TK (Taman kanak kanak) usia 5-7 dan pendidikan Non Formal Paket A, Paket B paket C dan PKBM. 

Sementara itu Kabid PAUDNI Kabupaten Bima Rusdin H Abdollah menjelaskan adapun Paud dan Lembaga Non Formal di kabupaten Bima akan diverifikasi dan terdata yang telah terakreditasi," jelasnya. 

"Pihaknya, akan terus menggenjot keberadaan Paud dan Pnf di kabupaten Bima untuk tetap mengikuti aturan dan mekanisme," janji Kabid asli Wera ini.(Ramadan)


No comments

Powered by Blogger.