HMS Minta Pengusaha Sapi Pulau Sumbawa Agar Memperhatikan Kesehatan Ternaknya


BIMA,KabaroposisiNTB.Com--Anggota DPR RI Fraksi PAN Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa H.Muhammad Syafrudin,ST,.MM, Komisi IV  akrab disapa HMS yang dikenal Peduli dan Humanis menanggapi hebohnya PMK (Penyakit Mulut dan Kuku ) atau di sebut FMD (Foot and Mouth Disease) sudah berada di indonesia yaitu di Provinsi  Jawa Timur.

Setelah mendapat keluhan dari peternak dan pengusaha sapi yang hendak memuat hewan sapi pejantan antar pulau untuk memenuhi permintaan warga jakarta dalam waktu dekat Hari Raya Idul Adha tersebut.Dirinya langsung berkomunikasi dengan Kepala Badan Karatina Pusat Ir. Bambang,MM," ucap HMS melalui pres releasenya.

"Alhamdulillah dengan sigap dan doa kita semua Kepala Balai Karantina pusat dan Kementrian Perhubungan RI melalui ASDP memberikan akses kepada pengusaha sapi Gapehani Kabupaten Bima memuat dan mengirim hewan ternak melalui jalur laut dengan rute Pelabuhan Lembar lombok- Pelabuhan Tanjung Mas Semarang" Kata HMS Kandidat Doktor Universitas Brawijaya.Kamis (12/5/22).

Akan tetapi HMS mengingatkan agar para pengusaha se-pulau Sumbawa untuk memperhatikan hewan ternak yang akan dimuat. 

Senior Anggota DPR RI Fraksi PAN Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa memberikan imbauan kepada peternak dan pengusaha sapi di Pulau Sumbawa agar mengikuti prosedur dari pemerintah pusat,sebelum hewan ternak dikirim tujuan akhir jakarta agar dipastikan kesehatannya diperiksa yakni mulut dan kukunya.

HMS menambahkan, penyakit yang penularannya karena virus ini sangat menular sesama hewan ternak seperti Sapi,Kambing,Domba dan Babi meskipun begitu, virus ini tak akan menular ke manusia.

"Penyakit ini disebabkan virus, sangat menular di populasi ternak. Tidak zoonosis, dari segi kesehatan masyarakat juga bukan resiko untuk manusia. Mortalitas rendah. Gejalanya hewan demam, mulut berlendir dan berbuih, ada ruam-ruam luka di kulit, mulut, lidah hingga ke sela kuku" tambahnya. 

Sementara itu, Abdul Khair sebagai Ketua pegusaha GAPEHANI ( Gabungan Pengusaha Hewan Nasional Indonesia) Kabupaten Bima mengucapkan terimakasih dan apresiasinya kepada anggota DPR RI Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa H.Muhammad Syafrudin,ST,.MM yang sudah membantu para peternak di pulau sumbawa untuk menyampaikan ke kementrian Balai Karantina pusat untuk perijinannya.

"Dengan perjuangan beliau HMS, sehingga para peternak merasa lega atas keluar perijinannya dari Balai Karantina Pusat hewan ternak di pulau sumbawa di bawa menuju jakarta dengan melalui jalur laut.Mulai dari Bima-Sumbawa dan lombok jalur darat,sehingga dari lombok menuju pelabuhan tanjung mas semarang melalui jalur laut" jelasnya

Khair berkata,tronton yang sudah ada di bima 60 unit siap untuk membawa hewan ternak menuju samarang jawa tengah. Kami berharap kepada HMS untuk Koordinasi dengan Kementrian perhubungan agar bisa menyediakan armada laut dari pelabuhan lembar lombok menuju Pelabuhan tanjung mas semarang.

"Saya sudah koordinasi dengan pihak ASDP lembar bahwa kapal roro yang rute tujuan Lembar- Banyuwangi dan Lembar- Surabaya.Sehingga salah satu kapal tersebut bisa di cabut rutenya di arahkan menuju pelabuhan tanjung mas semarang." tuturnya.(MARLIN)



No comments

Powered by Blogger.