Musim Kemarau Tiba HMS ajak Masyarakat Peduli Api untuk Sinergi Untuk Menjaga Gunung Tambora

BIMA,KabaroposisiNTB.Com--Dalam menghadapi musim kemarau Anggota DPR RI H Muhammad Syafrudin ST MT, Komisi IV Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa menganjak masyarakat pencinta Api untuk sinergi menjaga Gunung Tambora. 

Ajakan ini dibuktikan oleh anggota DPR RI ini melalui Kegiatan Peningkatan Kapasitas Tenaga dan SDM Dalkarhutla yang dilaksanakan pada tanggal 25 dan 26 April 2022 di dua lokasi yang berbeda beberapa waktu lalu.

Yakni pada 25 April 2022 dilaksanakan di kantor Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) I Kore. Sementara 26 April 2022 dilaksanakan di Komplek Samctuary Rusa timor Doro Ncanga TN Tambora.

Kegiatan tersebut difasilitasi oleh Balai PPIKHL Jabalnusra sebagai upaya kolaborasi dan integrasi program pengelolaan TN Tambora yang dikawal langsung oleh Bapak H. Muhammad Syafrudin, ST.,MM (Anggota Komisi IV DPR RI Dapil NTB I (Pulau Sumbawa) sebagai wujud komitmen beliau untuk meningkatkan kapasitas SDM masyarakat yang ada di Dapilnya.

Peserta merupakan anggota Masyarakat Peduli Api (MPA) binaan Balai TN Tambora bersama Balai PPIKHL Jabalnusra dengan jumlah peserta 30 orang lokasi.

Tujuan dari kegiatan tersebut, adalah memberikan bekal keterampilan/keahlian bagi MPA berupa pembuatan cuka kayu, prospek pemasaran sampai kepada prospek ekonomi yang cukup menjanjikan sehingga diharapkan menjadi alternatif income bagi anggota MPA selain sebagai volunter dalam pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan di wilayak kerja Balai TN Tambora.

Kegiatan menghadirkan narasumber dari Manggala Agni Daops Ketapang Kalimatan Barat. Perwakilan dari Direktorat PKHL Ditjen PPI KLHK (Ir. Purwantio) perwakilan Balai PPIKHL Jabalnusra (Teguh Pramono, SE) dan Perwakilan Balai TN Tambora (Deny Rahadi).

Dalam sambutannya, Rudi Mbojo sapaan akrab bagi H.Muhammad Syafrudin, ST., MM menyampaikan pentingnya peningkatan kapasitas SDM bagi masyarakat sebagai modal utama mengembangkan alternatif income.

Rudi Mbojo juga menyampaikan bahwa beliau selaku wakil rakyat akan terus berjuang untuk kesejahteraan masyarakat yang ada di dapilnya. Wujud komitmen tersebut pada tahun anggaran 2022, beliau bekerjasama dengan Balai TN Tambora akan mengadakan mobil truck tangki air yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk suplay air di musim kemarau selain peruntukannya untuk Dalkarhutla TN. Tambora

"Tidak hanya itu, tahun ini juga masyarakat akan diberikan bantuan berupa 1 unit mobil offroad untuk menunjang pengembangan wisata pendakian di Jalur wisata pendakian piong," kata HMS.

Ditambahkannya lagi, adapun Bantuan lainnya yakni mobil offroad akan diberikan kepada kelompok "Sanggar Offroad" dengan nilai bantuan 125 juta. Bantuan tersebut, akan menjadi stimulus dan akan terus dikembangkan sesuai dinamika perkembangan wisata di TN Tambora.

Perwakilan Balai PPIKHL Jabalnusra Teguh Pramono mengapresiasi langkah HMS dalam menjaga gunung Tambora dengan mengandeng masyarakat setempat. 

"DPR RI tiga periode ini, selain humoris selalu berjuang untuk masyarakat se-pulau Sumbawa apalagi saat ini dia ada di Komisi IV berbagai bantuan telah di datangkan melalui perjuangannya," ungkap Teguh Pramono.(MARLIN)


No comments

Powered by Blogger.