2024 Bangun Rasionalitas Politik, DPC GMNI Bima Selenggarakan Diskusi Kepemiluan

Keterangan Foto: Saat Kegiatan GMNI Kabupaten Bima di SKB.

BIMA,KabaroposisiNTB.Com--Dpc GMNI Kabupaten Bima menyelenggarakan Diskusi Kepemiluan di SKB kab. Bima (8 agustus 20:00Wita) dengan Tema "Membangun Politik Rasionalitas demi Tercipatanya Kepemimpinan yang Berintegritas". Maksud dan tujuan kegiatan tersebut mendiskusikan gimana caranya Bima ke depannya mau di arahkan dengan model apa.

Pada acara Diskusi Kepemiluan tersebut di hadiri oleh empat Narasumber di antaranya Ketua PA GMNI Bima Raya, Ketua KPU, Ketua Bawaslu dan Sekretaris Kesbangpol kabupaten Bima, serta tamu undangan di berbagai kalangan organisasi kemahasiswaan di SKB Bima, Senin 8 Agustus 2022 Malam Hari. 

Dalam sambutan Ketua DPC GMNI Kab. Bima yang biasa di sapa Bung Cahyo mengatakan " kita dari rekan-rekan DPC GMNI Kab. Bima menyelenggarakan Diskusi Kepemiluan ini guna dapat melahirkan kepemimpinan yang berintegritas sejak dalam pikiran dulu, kalau di soroti dari Pemerintah Daerah di bawah cengkeraman IDP-DAHLAN, kita GmnI memandang tidak ada prestasi apapun yang di hasilkan oleh kepemimpinan IDP-DAHLAN terutama dari urgensi-urgensi kasus kabupaten Bima. Yang membuat IDP-Dahlan gagal dalam memimpin daerah ini yakni sulitnya memahami persoalaan apa yang terjadi dari awal kepemimpinannya sampai saat sekarang, apalagi sesuai tema diskusi yang kita selenggarakan sangat mengharapkan terciptanya kepemimpinan yang berintegritas pada periodesasi selanjutnya"

Dalam penyampain materi oleh Ketua KPU Kab. Bima (Imran, S.Pd.I., S.H) menegaskan bahwa " Politik yang Rasional adalah politik yang masuk akal, politik yang logis dan politik jalan lurus, maknanya adalah politik yang yang di atur oleh norma-norma. Jikalau di sorot dalam bingkai pemilu yang di atur dalam undang-undang nomor 7 tahun 2016. Sedangkan dalam perspektif islam adalah politik yang tidak jalan pada poros yang sesat, maka intinya politik rasional ialah politik yang mampu memadukan antara isi otak dengan nilai-nilai moral "

" Untuk mewujudkan kepemimpinan yang berintegritas maka paling tidak ada 4 (empat) hal dasar yang harus berintegritas dari awal, yang pertama itu penyelenggara, peserta pemilu, masyarakat dan yang terakhir adalah Pemerintah. Kalau berbicara integritas maka KPU Kab. Bima telah mampu menunjukan lembaga yang berintegritas dan profesional pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada tahun 2020 dengan mendapatkan penghargaan nomor wahid dari tujuh kabupaten/kota yang menyelenggarakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati " Sambung Ketua KPU

Pada penyampain materi oleh Ketua Bawaslu Kab. Bima (Abdullah, SH) " Saya sebagai ketua Bawaslu sangat mendukung kegiatan rekan-rekan DPC GMNI Kab. Bima dan memberikan apresiasi terhadap kegiatan tentang kepemiluan ini, karena dalam perihal ini bagi saya dapat memberikan pembelajaran politik terutama pada generasi milenial, sehingga kesadaran politik kita di kabupaten Bima dapat di konstruksi secara rasional dan di tingkatkan" 

"saya selaku Sekretaris Kesbangpol Kab. Bima (ASN) turut apresiasi terhadap kegiatan DPC GMNI Kab. Bima, karna dalam forum ini banyak hal yang bisa kita petik, guna untuk andil dan menjemput bersama Pemilu tahun 2024 nantinya" Tutup Narasumber Terkahir Sekretaris Kesbangpol Kab. Bima (Aidin, SH., MH).(RED)

No comments

Powered by Blogger.