Shorgum Diharapkan Menjadi Alternatif Pangan Yang Menasional

FOTO: Bimtek HMS di Kabupaten Sumbawa.

SUMBAWA,KabaroposisiNTB.Com__Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PAN H.Muhammad Syafrudin ST.MM akrab disapa HMS yang dikenal peduli dan sederhana sangat memperhatikan kebutuhan dan kepentingan masyarakat se-Pulau Sumbawa di dalam meningkatkan ekonomi masyarakat Tani. 

Dalam menargetkan Shorgun untuk menjadi Alternatif Pangan Nasional, HMS melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Komoditas Sorgum menuju Ekspor yang bekerjasama dengan Balai karantina dan Dinas Pertanian dan peternakan  Kabupaten Sumbawa bertempat di Hotel transit jalan sultan kaharudin Kabupaten Sumbawa pada (16/10/22).


Bimtek di Kabupaten Sumbawa yang diikuti oleh 100 orang peserta dengan menghadirkan narasumber Ir. Irwan. Direktur Utama PT. Bima Hutana Sejahtera,Kepala Balai karantina dan Kepala Dinas Pertanian dan peternakan Kabupaten Sumbawa. 


Ir. Irwan. Direktur Utama PT. Bima Hutana Sejahtera dan juga sebagai Praktisi Shogum di Seluruh provinsi NTB menyampaikan ucapan terimakasih kepada anggota DPR RI dari Fraksi PAN Dapil NTB I Pulau Sumbawa H.Muhammad Syafrudin ST.MM  yang sudah memberikan inisiasi dan motivasi tentang kegiatan Bimtek bagaimana cara menanam dan pemasarannya.


"Sorgum adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan bahan baku industri. Sebagai bahan pangan, sorgum berada pada urutan ke-5 setelah gandum, jagung, padi, dan jelai. Sorgum merupakan makanan pokok penting di Asia Selatan dan Afrika" terangnya


Lanjut Irwan,pengembangan sorgum kini menjadi salah satu program pemerintah melalui Kementerian Pertanian dalam upaya menjaga ketahanan pangan menghadapi krisis global yang tengah melanda sebagian negara di dunia. Sebagai tanaman yang multiguna, sorgum sangat potensial untuk dikembangkan bukan hanya sebagai sumber pangan alternatif, namun juga sebagai pakan ternak dan bahan bakar.


" Kegiatan ini sangat luar biasa karena di NTB sudah dimulai ada pelatihan cara pengembangan sorgum di Kabupaten Sumbawa, seperti di kecamatan lunyuk Kabupaten Sumbawa ada 120 hektar lahan di tanam sorgum,dalam musim ini di kelurahan bugis Sumbawa ada 23 hektar lahan sorgum" tuturnya.(MARLIN)

No comments

Powered by Blogger.