PENTINGNYA ETIKA KOMUNIKSI DALAM BISNIS ONLINE


Nama: Amalia anggriani

Nim 202010170311156

Universitas Muhammadiyah Malang


MALANG, KabaroposisiNTB. COM--- Komunikasi merupakan hal penting yang selalu melekat dalam kehidupan sehari-hari manusia. Komunikasi bisa diartikan sebagai suatu proses antara dua atau lebih orang dalam menyampaikan dan menukarkan informasi, ide, gagasan, maupun pesan. Dalam komunikasi sendiri memiliki etika yang harus diterapkan termaksut dalam komunikasi bisnis, salah satunya bisnis online. Etika memiliki arti yaitu tata cara, pedoman, aturan, kaidah dan norma dalam melakukan perbuatan, tingkah laku dan juga dalam berkomunikasi.Sedangkan etika komunikasi merupakan gagasan moral yang berpengaruh dalam berkomunikasi. 


Secara umum, etika komunikasi berkaitan dengan bentuk pencerminan atau penggambaran dari diri manusia dalam segala bentuk komunikasinya. Namun meskipun etika komunikasi sangat penting hal ini masih kerap kali diabaikan oleh masyarakat luas dan masih belum banyak yang menerapkannya, padahal etika komunikasi dapat menentukan penilaian dan pemikiran dari individu lain. 


Etika komunikasi kurang baik juga sering terjadi dalam komunikasi bisnis, contohnya dalam komunikasi bisnis online. Etika kurang baik dalam berkomunikasi di bisnis online dapat mengakibatkan penilaian dan kesan dari pembeli itu buruk terhadap pelaku atau pengguna bisnis online. Padahal bisnis dan komunikasi itu saling berkaitan penting terutama dalam proses transaksi ataupun dalam proses jual-beli.


Jaman yang semakin modern dan canggih ini membuat semua manusia ingin melakukan sesuatu secara praktis dan mudah, hal ini terjadi pada jual-beli yang dapat dilakukan melalui telefon genggam atau alat komunikasi lainnya, yaitu kegiatan jual-beli online, hal ini berupa kegiatan yang memanfaatkan teknologi penyedia tempat belanja yang dapat langsung diantar depan rumah dengan cara yang sangat praktis.


Namun dibalik semua kemudahan yang didapat dan ditawarkan oleh layanan jual-beli online, ternyata masih banyak kelemahannya, contohnya dalam etika komunikasi. Dimana hal ini sering kali terjadi penipuan, penyalahgunaan informasi, pemerasan, konflik dan masih banyak lagi. Hal tersebut salah satu penyebabnya adalah kurang adanya etika komunikasi yang menjujung tinggi nilai kejujuran, kebenaran, keramahan, responsif dan tanggung jawab dalam bisnis dimana dari tidak adanya etika tersebut dalam penyampaian informasi ini mengakibatkan kesalahpahaman dan juga hal-hal buruk bisa terjadi antara penjual atau pembeli yang dapat merugikan salah satunya.

Kerugian dan ketidakpuasan dari pembeli dapat menyebabkan kurangnya penilaian yang baik terhadap toko yang melakukan bisnis online. 


Apalagi kebanyakan ecomerce yang menyediakan tempat untuk jual-beli online menyediakan sistem penilaian yang diberikan oleh konsumen, hal tersebut dilakukan konsumen dengan jujur dan transparant berdasarkan apa yang dialami oleh pembeli dari pelayanan toko atau penjual dalam jual-beli online yang di mana penilaian tersebut dapat dijadikan acuan oleh pembeli lainnya. Oleh karena itu jika penilaian dari toko tersebut tidak bagus dan buruk akibatnya bisa merugikan toko online itu sendiri. 


Maka dari itu etika komunikasi yang baik dalam penyampaian informasi sangat berpengaruh bagi pembisnis online. Dengan mengerti dan memahami berbagai macam etika yang baik dalam berkomunikasi seorang pembisnis online dapat mencegah hal buruk terjadi pada bisnisnya, karena etika komunikasi sendir memiliki tujuan utama untuk memenuhi kebutuhan penerima tanggap dan emosional dari penerima pesan bisnis seperti pelanggan. Selain itu, etika komunikasi bisnis memiliki peran penting dalam melindungi, menghargai, dan memelihara citra bisnis yang baik bagi organisasi bisnis online.


Adapun penyelesain dari persoalan-persoalan kurang mengerti dan pemahaman dalam etika komunikasi bisnis untuk pembisnis online adalah dengan cara:


1. Memperbanyak ilmu pengetahuan tentang etika komunikasi dan bisnis dengan membaca buku, internet, koran, majalah tentang ilmu komunikasi maupun bisnis.


2. Mengikuti seminar tentang komunikasi dan bisnis.Mempelajari sikap dan sifat dari berbagai macam pembeli dan pelanggan.


3. Mengambil atau mengikuti pembelajaran dan pendidikan informal yang bisa diikuti dalam waktu singkat.Memahami informasi apa saja yang ingin pembeli ketahui

Mengikuti organisasi atau kelompok yang dapat memberikan pemahaman tentang ilmu etika komunikasi dalam bisnis Menambah pengalaman dengan melihat dan menonton video yang membagikan ilmu etika komunikasi dalam bisnis, terutama juga dalam bisnis online.


Etika komunikasi dalam bisnis online merupakan hal yang sangat penting untuk dipahami dan dimengerti oleh penggunanya, sebab etika komunikasi ini dapat menunjukan bagaimana seorang pembisnis online apakah menjalankan dan menerapkan nilai kejujuran dan kebenaran dalam berbisnis, dan juga dalam memberikan informasi terhadap pembeli. Namun etika komunikasi ini juga bukan hanya harus dimengerti oleh pembisnis online saja tetapi juga oleh berbagai macam kalangan masyarakat, karena etika komunikasi ini menunjukan dan menggambarkan bagaimana manusia dalam bersosialisa antar sesama. Selain itu etika komunikasi dalam bisnis juga penting karena dapat menunjukan bagaimana sikap seorang pembisnis dan pengusaha dalam menjalankan bisnisnya dan etika komunikasi juga dapat mengarahkan seorang pembisnis agar dapat menjalankan bisnisnya dengan baik.(RED) 


No comments

Powered by Blogger.