Dosen FKIP Kembangkan Kompetensi “Penulisan Artikel Ilmiah”

Cirebon,KABAROPOSISINTB.Com—Dosen Prodi Pendidikan Matematika FKIP UGJ tetap setia membantu khususnya guru sekolah untuk menggembangkan Kompetensi dalam kemampuan menulis laporan hasil penelitian kedalam sebuah artikel ilmiah. Demikian disampaikan Ika Wahyuni, S.Pd., M.Si, pada media ini,

Webinar ini, mengusung tema: Penulisan Artikel Ilmiah. Kegiatan ini diisi oleh seorang guru besar dari Universitas Negeri Semarang yaitu Prof. YL. Sukestiyarno, Ph.D. dan Hj. Neneng Aminah, M.Pd. bertindak sebagai moderator acara.
Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi dan membantu guru dan dosen dalam membuat karya tulis ilmiah. Di Indonesia, kegiatan publikasi ilmiah di kalangan guru mulai populer pada pertengahan tahun 90-an. Seiring dengan dikukuhkannya guru sebagai jabatan fungsional seperti tertuang dalam Kepmenpan No. 84/1993. Jika ditelaah lebih dalam, isi Keputusan Menteri ini sebenarnya telah memberikan pesan tidak langsung bahwa pada dasarnya guru adalah seorang ilmuwan.
Guru pada zaman sekarang ini dituntut lebih profesional, lebih handal, dan lebih kompeten, hal itu menjadi tuntutan masyarakat modern. Maka wajar dan pantas bahwa sekarang ini menulis dalam bentuk publikasi ilmiah adalah sarana untuk meningkatkan kemampuan guru dalam pengembangan profesi mereka lebih maju.
Kegiatan publikasi ilmiah guru semakin diperkuat dengan hadirnya Permenpan dan RB Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Semula kewajiban publikasi ilmiah hanya dikenakan kepada guru yang akan naik pangkat dari Golongan IV.a ke atas. Namun berdasarkan Permenpan dan RB ini, kegiatan publikasi ilmiah guru harus dilakukan guru yang akan naik ke golongan III.c
Merujuk pada Permenpan dan RB No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, bentuk-bentuk kegiatan publikasi ilmiah yang dapat dilakukan guru dalam rangka pengembangan keprofesian berkelanjutan, diantaranya:
1.  Presentasi pada forum ilmiah
2. Melaksanakan publikasi ilmiah hasil penelitian atau gagasan ilmu pada bidang pendidikan
3.  Melaksanakan publikasi buku teks pelajaran, buku pengayaan, dan pedoman guru

Oleh karenanya dirasa perlu untuk mengadakan kegiatan Webinar ini guna membantu para guru untuk dapat menulis artikel ilmiah dan mempublikasikannya.

Sebanyak 335 peserta yang mengikuti kegiatan Webinar “Penulisan Artikel Ilmiah” terdiri dari mahasiswa, guru, dan dosen yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Wilayah Indonesia Tengah.

Pelaksana kegiatan ini di ketuai oleh Ika Wahyuni, S.Pd., M.Si dan beberapa dosen FKIP UGJ dan kegiatan ini dihadiri pula oleh Kepala LPM UGJ, Harmono, S.H, M.H., Ketua MGMP Matematika Kabupaten Cirebon, Udin Ikhsanuddin, S.Pd. 

Kegiatan tersebut merupakan wujud pengabdian Dosen FKIP UGJ pada masyarakat yang didanai oleh Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) UGJ. Acara ini diharapkan bisa meningkatkan wawasan mengenai penulisan artikel ilmiah.(***)

No comments

Powered by Blogger.