Sorot Anggaran Rp130 Juta untuk Tiang Listrik 3 Meter, Pemuda Bajo Soromandi Segel Kantor Desa

BIMA,KabaroposisiNTB.com—Belasan pemuda dari Dusun Ndano Ndere Desa Bajo, Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat menyegel kantor Desa Bajo Soromandi, Senin (25/1/2021). Aksi protes massa dipicu karena kecewa terhadap kepala desa setempat yang belum menyelesaikan persoalan pengadaan tiang listrik yang bersumber dari dana Proker desa setempat Rp130 juta.

Massa menyoal anggaran dari Proker desa Rp130 juta untuk sekitar 30 tiang listrik hanya setinggi 3 meter yang rencanannya digunakan sebagai penyangga kabel untuk aliran listrik kebutuhan pompa air di So Oi Diwu yang jaraknya puluhan meter dari pemukiman warga.

Setelah tiba di kantor Desa Bajo Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima di Jalan Pantura, massa yang gagal menemui Kepala Desa Bajo, Syakban H Ibrahim langsung menyegel pintu utama kantor Desa Bajo dan gerbang kantor menggunakan kursi dan meja.

Massa mengaku kecewa karena sebelumnya pada 13 Januari 2021 lalu sudah menemui Kades Bajo dan bendahara setempat yang mengisyaratkan segera menyelesaikan persoalan tersebut. Sebelum melakukan aksi penyegelan kantor desa, massa sempat ditemui anggota BPD Bajo dan Sekdes Bajo Wahyuni yang masih berada di kantor desa setempat.

Menurut coordinator massa, Syarifuddin, tiang listrik yang bersumber dari anggaran proker Rp130 juta mengganjal warga karena tingginya hanya 3 meter. Jika sudah ditanam ½  (0,5 meter) maka otomatis ketinggian yang tersisa hanya 2,5 meter, sehingga membahayakan warga.

Pihaknya juga menuntut penjelasan tentang pelaksana pekerjaan dan penerima pekerjaan serta pengawas kegiatan serta RAB pengadaan tiang listrik tersebut oleh Pemerintah Desa Bajo.

Hingga Senin (25/1/2021) sore, kondisi gerbang kantor desa dan pintu utama bangunan kantor Desa Bajo masih dalam kondisi tersegel. 

Hingga berita ini diturunkan Kepala Desa (Kades) setempat tak bisa dihubungi awak media ini.(KO.11)

No comments

Powered by Blogger.