Cegah Abrasi Pantai, Pemdes Sumi dan Muspika Tanam 300 Mangrove

BIMA,KabaroposisiNTB.Com--Pemerintah Desa Sumi bersama Muspika kecamatn Lambu melakukan penanaman 300 pohon mangrove di pantai papa so paropa.

penanaman mangrove sebanyak 300 bibit pohon tersebut BPD, pemuda Revolusi, ketua rt/ rw, Bhabinsa, dan Mahasiswa KKN Unram ikut berpartisipasi dalam kegiatan itu, ujar Kepala Desa Sumi (Masrun M. Ali) kepada media ini, Jum’at (5/2/2021)

"Di beberapa Titik sepanjang pantai papa sering ada penambak pasir liar, salah satunya di lokasi yang kami tanam mangrove ini, akibatnya bibir pantai mengalami kerusakan", ungkapnya. 

“Lingkungan adalah titipan dari Tuhan yang wajib dilestarikan dan diwariskan kepada anak cucu, selagi kita masih bisa mewariskan hal yang baik seperti yang kita lakukan hari ini, mari kita berbuat yang terbaik, seperti inilah bukti cinta tanah air yang bisa mewariskan kepada generasi mendatang,”ajaknya.

Sumardin yang juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut berharap jerih payah hari ini dapat terbayarkan dengan melihat tumbuh dan berkembangnya tanaman mangrove yang ditanam, sehingga dapat menahan abrasi yang semakin lama mengikis daratan apabila tidak di antisipasi bersama, tutur Anggota Revolusi. 

Ditambahkannya, "Kami Pemuda Revolusi  siap bersama Pemerintah dalam menjaga kelestarian alam, bagi kami alam adalah sumber kehidupan yang harus tetap dijaga kelestariannya, Kata Paman Davi Ketua Umum Revolusi. 

Terpisah, Ketua BPD Sumi, (Arnol, s.pd) yang turut aktif dalam kegiatan tersebut juga menyampaikan kegiatan penanaman mangrove ini sangat membantu masyarakat di Desa Sumi untuk memperlambat abrasi di sekitar bibir pantai, jelasnya. 

“Tanam Mangrove ini bisa diikuti oleh komunitas-komunitas dan pemuda yang lain, dalam upaya menjaga kelestarian alam pesisir pantai, sehingga para petani tambak di desa kami tidak terus di hantui dengan abrasi pantai,” ajaknya.(KO.O2)

No comments

Powered by Blogger.