Kades: Dana Desa Tahap I Fokus Pembinaan, BLT Dicairkan Tahap II

BIMA,KabaroposisiNTB.Com--Pelaksanaan pengunaan anggaran Dana Desa yang bersumber dari pemerintah pusat, Pemerintah Desa Mpuri di Tahap I ini akan fokus pada pembinaan. pekerjaan fisik hanya untuk pembangunan Spal dengan pagu anggaran senilai Rp 80 Juta. Demikian disampaikan Kepala Desa (Kades) Abdullah S.pD, Kamis (15/4) di kantornya. 

Dikatakannya, Dari 800 juta total keseluruhannya   dana Desa (DD) bagi desanya akan dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakatnya di segala bidang di tahun 2021. Walaupun aturan 8 Porsen untuk bantuan langsung tunai (BLT)," ungkapnya.

"Pada tahap satu ini, pembangunan fisik hanya untuk Spal saja, dan pelaksanaan MTQ juga dilakukan dan dibuka secara resmi pada Minggu depan ini," tutur Abdullah.

Kata dia, untuk bantuan langsung tunai (BLT) diperuntukkan bagi 30 orang setiap orang menerima sejumlah Rp 300.000, tiap bulan dengan total jumlah 108 juta selama satu tahun dan akan diterima pada pencairan Dana Desa tahap II, untuk 6 bulan awal," tambah kades.

"Untuk tahap satu ini, pihaknya memfokuskan pada pembinaan seperti gaji RT, RW, Marbot, dan lain lain," paparnya.

Disisi pemberdayaan dan pembangunan fisik tahap I dana desa agak kurang. Inilah hasil rencana dengan lembaga dan telah di setujui oleh Badan Permusyaratan Desa (BPD) selaku Mitra Pemdes," tuturnya.

"Dirinya berharap agar ini dapat didukung oleh masyarakat dan semua elemen demi majunya Desa Mpuri," harapnya.(KO.O4)

No comments

Powered by Blogger.