Pemdes Rasabou, Gelar Pelatihan Penanganan Stunting

BIMA,KabaroposisiNTB.Com--Perlunya pencegahan Stunting bagi masyarakat ,pemerintah Desa Rasabou kecamatan Bolo menggelar kegiatan Pelatihan Penanganan dan Pencegahan stunting bagi Kader Posyandu dengan narasumber dari Puskesmas. 

Acara diselenggarakan pada pukul 09.00 Wita, Kamis (29/4), bertempat di kantor Desa Rasabou setempat, sekaligus dibuka oleh Kepala Desa (Kades) Rasabou Suaidin,SH.

Ibu Siti Asmah,SKm dan Feni Islamiati, S.Tr. Gz menyampaikan bagaimana gejala Stunting, cara antisipasi stunting pada anak,  penyebab stunting, pencegahan stunting,dampak dari stunting dan masalah gizi pada anak," selaku Nara sumber kedua anggota PKM Bolo menyampaikan.

Sementara itu, Kepala Desa Suaidin,SH menyampaikan alhamdulillah di Desa Rasabou sudah dianggarkan untuk penanganan stunting yakni pemberian makanan harian selama waktu yang sudah di tentukan," ucap Kades.

"Kegiatan ini akan dimulai pada hari Sabtu tanggal 01 Mei 2021 di Polindes Desa Rasabou," tambah Suaidin. 

Dia berharap, kedepanya Desa Rasabou akan menjadi salah satu barometer keberhasilan di Kecamatan Bolo.

Disisi lain, Sekretaris Desa Hairil Ansyar mengatakan bahwa Posyandu memiliki peran yang strategis dalam upaya mewujudkan kesehatan masyarakat dan program nasional Konvergensi Stunting di Desa dan Sesuai dengan tujuan dibentuknya Posyandu yang merupakan garda utama layanan dasar kesehatan Desa.

Kegiatan Pelatihan Penanganan dan Pencegahan Stunting di Desa Rasabou ini ditutup pukul 13.00 dengan membaca Doa Bersama oleh semua peserta pelatihan.

"Stunting adalah masalah Gizi kronis yang disebabkan oleh asupan Gizi yang kurang dalam waktu yang lama sehingga proses pertumbuhan jadi terhambat Hal ini terjadi karena asupan makanan yang tidak sesuai kebutuhan gizi," katanya. 

Ditambahkan Sekdes, Pada bulan Januari 2021 tim posyandu sudah mendata Stunting di masing masing dusun yang ada di Desa Rasabou," terang Hairil Ansyar.(KO.O5)


No comments

Powered by Blogger.