Pemda Bima Tak Peduli Insan Pers, Ketua Sapernas Sorot

Kabupaten Bima,KabaroposisiNTB.Com--Nasib para kuli tinta (Insan Pers) di kabupaten Bima di tengah masa pandemid Covid-19 hingga PPKM saat ini terabaikan. Pasalnya, di jajaran Humas dan Kominfo tak dianggarkan biaya apapun, hanya iuran koran saja. Disatu sisi di Pemerintah Kota Bima, anggaran dikucurkan Walikota sangat Fantastik walau saat ini refokusing terjadi.

Seperti hari ini, di momen hari besar dulu Hari Jadi Bima ke-381 tahun dan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-76 Tahun 2021 sering sekali ditemukan insan pers dibuat sedih oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bima. 

Pasalnya, sejumlah insan pers menunggu yang tidak pasti karena mulai dari pagi hingga 12;00 Wita saat dimana setelah upacara kenaikan bendera menunggu konfrensi pers dengan Bupati-Wakil Bupati Bima tak ada ruang waktu, belum lagi Humas kurang informasi di setiap kegiatan.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Serikat Pers Reformasi Nasional (Sapernas) Kabupaten Bima, Syamsudin Al-Haq, SH yang ditemui, Selasa 18/08/21 mengatakan bahwa setiap hari besar sikap Pemda Kabupaten Bima hanya bisa menghindar dari insan pers yang ingin mewawancarai. Apakah ini ketakutan atau sengaja untuk menghindar karena pandemi Covid-19?, tanyanya. 

Lanjutnya, bayangkan saja, insan pers menunggu yang tak pasti sampai-sampai rela menunggu Bupati-Wakil Bupati Bima yang isterahat hanya ingin konferensi pers terkait perkembangan Daerah Kabupaten Bima selama massa kepemimpinan dan pandemi covid-19, ujarnya. 

Ditambahkannya, yang terakhir yang perlu diketahui bahwa anggaran media tak jelas sama sekali selama massa pandemi covid-19. Hal inilah kami ingin mewawancarai pihak eksekutif untuk menjelaskan karena contohnya pada Dinas Perhubungan dan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Bima bahwa anggaran untuk media massa di refocusing pada setiap Dinas dan badan. "Anggaran media untuk peliputan dikemanakan oleh Pemda Kabupaten Bima?

Salah satu wartawan yang coba dikonfirmasi, coba menanyakan kepada Kabaq Humas tak ada anggaran di kegiatan HUT RI bagi Insan pers.(KO.O1)


No comments

Powered by Blogger.