Majukan Produk Lokal, Tim Pengerak PKK Dompu Gelar Pelatihan

Tim Pengerak PKK Kabupaten Dompu.Foto:RED.

DOMPU,KabaroposisiNTB.Com--Tim Penggerak PKK Kabupaten Dompu lewat Kelompok Kerja (Pokja) III, Sabtu (04/09/21) sekitar pukul 09.00 Wita-Selesai di Gedung PKK, melaksanakan kegiatan Pelatihan Motif Tenunan Khas Daerah. Pelatihan ini di ikuti Penenun lingkup Kecamatan Pajo dan Woja sebanyak 40 orang.

Sebagai narasumber di kegiatan ini adalah Inder, salah satu desainer kenamaan Dompu yang juga menjadi pengurus Dekranasda, Guru Jurusan Butik dan Desainer SMKN dan dari TP.PKK Dompu. 

Dalam amanatnya dikegiatan ini, Ketua TP-PKK, Lilis Suryani mengharapkan kepada para peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan penuh kesabaran dan tekun. Kegiatan ini menurut wanita yang akrab disapa Umi Lilis ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas pengrajin tenunan khususnya. 

"Kualitas desain, motif dan karya tenun yang disukai pasar menjadi hal yang sangat diharapkan dari para penenun guna meningkatkan kesejahteraan". ujarnya.

Lanjut Umi Lilis, "Tantangan kita kedepan adalah bagaimana menjadikan tenun khas Muna Pa'a sebagai salah satu maskot Kabupaten Dompu, untuk itu TP PKK Kabupaten Dompu bekerjasama dengan Dekranasda akan berupaya melakukan pendekatan ke Pemerintah Daerah serta organisasi - organisasi yang ada di Kabupaten Dompu, untuk mendukung agar tenunan khas Muna Pa'a dapat digunakan sebagai kostum bagi ASN dan organisasi pada hari-hari tertentu"

"Setelah melaksanakan kegiatan pelatihan ini, diharapkan bertumbuhnya IKM tenunan yang menghasilkan ciri khas daerah Kabupaten Dompu, selain ilmu yang didapat, para peserta diharapkan bisa menciptakan usaha mandiri sehingga mampu membuka lapangan pekerjaan baru dan meminimalisir angka pengangguran" harapnya.

Dimomen ini juga, Umi Lilis mengharapkan kepada peserta pelatihan agar dapat menghasilkan tenunan khas Dompu yang berkualitas dan bisa bersaing ditingkat nasional pada ajang promosi, pameran dan juga perlombaan.(RED,KO.O7)

No comments

Powered by Blogger.