Gede jelaskan upaya Disnakertrans NTB, Terus Bekerja di Tengah Tantangan Pandemi

MATARAM,KabaroposisiNTB.Com--Upaya mendorong percepatan pemulihan ada kebijakan program inovatif yang diluncurkan, salah satunya adalah industrialisasi, memberdayakan IKM/UKM lokal di NTB, ungkap Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTB, I Gede Putu Aryadi, S.Sos, MH saat menerima kunjungan kerja Komisi D DPRD DIY Bidang Kesejahteraan Masyarakat, Dinas Kesehatan dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY dalam rangka Penanganan Covid 19 Pasca Pandemi Dan Pemulihan Kesehatan Masyarakat Serta Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Kompetitif di Pasar Kerja, Kamis (14/10/2021).

Tantangan recovery pasca Gempa Bumi 2018 dan masa Pandemi Covid 19 sejak awal 2020 disusul PHK dan pemulangan PMI terdampak covid, menjadi kendala. Namun tak menyurutkan kinerja Zul-Rohmi untuk membawa NTB ke arah yang lebih Gemilang.  

Disnakertrans mengambil peran salah satunya memberikan pendampingan IKM/UKM dengan pelatihan, kata Gede. Para pelaku usaha dan pekerja sektor IKM/UKM diberikan ilmu tentang manajemen usaha, sehingga mampu berinovasi untuk mengembangkan usaha yang kompetable di pasaran.

Selain pelatihan IKM/UKM juga ada pelatihan PMI purna dengan harapan mereka dapat merekrut tenaga kerja disekitarnya untuk mengembangkan berbagai model usaha. 

''Kedepan untuk setiap pelatihan yang dilakukan kita dorong sesuai dengan dunia industri, ada MOU, dan ada perencanaan untuk mengarahkan para peserta pelatihan seandainya tidak terserap di dunia industri, maka mereka harus disiapkan pendampingan untuk pemberdayaan wira usaha baru,'' ungkap Gede.

Gede juga menjelaskan bahwa  sektor pariwisata yang paling terdampak, kini secara perlahan mulai menemukan jati dirinya untuk kembali bangkit. Pemerintah NTB saat ini menjadi sorotan International,sehingga sektor pendukung harus kita kembangkan, pungkasnya.(KO.O2)

No comments

Powered by Blogger.