CV Mitra Setia Bantu Peternak Sediakan Jasa Pengangkut Sapi ke Luar Daerah

BIMA,KabaroposisiNTB.Com--Masalah transportasi menjadi salah satu kendala utama bagi para peternak yang membawa dan menjual Sapi potong (jantan) ke luar daerah. Namun kini para peternak bisa bernafas lega. Setelah CV Mitra Setia dilounching pada 2021 lalu. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris PPHI Taufik, saat kegiatan Rapat Koordinasi diadakan CV Mitra Setia di Desa Bolo,Kecamatan Madapangga, Bima-NTB. 

"Dengan adanya CV Mitra Setia ini dapat membantu para peternak Sapi yang akan memuat Sapinya ke Jakarta dan Wilayah lainnya," ujar Taufik. 

Ia juga menambahkan bahwa kendala yang dihadapi oleh para pemilik CV selaku pengusaha jual beli Sapi antar daerah saat ini, yakni lokasi tempat karantina. Sementara di kabupaten Bima sendiri belum ada tempat yang memenuhi syarat," tambah Sekretaris PPHNI.

"Maka dari itu, solusi yang disepakati bersama yakni pemilik CV menyurati Kanwil Karantina untuk menentukan lokasi di wilayah Kecamatan Belo. Pertimbangannya, karena letak geografisnya cukup bagus bagi CV Mitra Setia kedepan," ucapnya. 

"Pemilik CV nanti akan menyurati Kanwil Karantina. Apakah diberikan ijin atau tidak. Tentunya kita tetap berkoordinasikan dengan beberapa pihak terkait baik di kabupaten maupun di Provinsi dalam persoalan yang dimaksud," jelasnya singkat. 

CV Mitra Setia ini, selain sebagai agen jual beli sapi antar daerah, juga menyediakan jasa pengangkut sapi via tronton lewat jalur darat.  CV Mitra Setia hadir dalam rangka membantu para peternak dan pemilik CV yang terkendala tranportasi, selain itu juga sebagai solusi utama bagi pengusaha ternak yang tidak bisa tercover lewat jalur laut. 

"Hadirnya CV Mitra Setia di bidang jasa pengiriman Sapi ini tiada lain, upaya untuk membantu peternak maupun para pengusaha Sapi antar daerah yang mengalami masalah transportasi," ungkap Sekretaris Direktur CV Mitra Setia Sumarlin, usai kegiatan sosialisasi yang digelar CV Mitra Setia di gedung Ida Desa Bolo Kecamatan Madapangga Bima, Rabu (16/3/22). 

Sosialisasi ini, lanjut dia, bertujuan agar para peternak dan pengusaha Sapi tidak pusingkan masalah tranportasi. CV Mitra Setia hadir memberikan layanan antar sampai tujuan. "Artinya peternak dan pengusaha ini tidak hanya mengirim Sapi pada moment Idhul Adha saja, tapi setiap bulan, dan itu bisa kita akomodir," kata Marlin sapaan karibnya itu. 

Marlin menuturkan, bahwa pengiriman lewat jalur darat banyak sisi positifnya. Di samping biaya sewanya sama dengan jalur laut, juga menghindari resiko ketika terjadi kecelakaan di laut. Ditambah lagi daya muat kapal dibatasi, sebab pengirimannya tidak hanya satu, dua CV tapi banyak. "Ini yang paling utama. Karena kalau lewat jalur darat, pengirimannya tidak kita dibatasi," terang Marlin. 

Ditambahkannya, bahwa. V Mitra Setia ini sudah setahun lebih berjalan, sejak dilaounching pada 2021 lalu. Kala itu, pengirimannya hanya 1700 ekor. Namun tahun 2022 ini, akan dinaikan volumenya 60 persen. 

"2021, Sapi yang diberangkatkan sebanyak 1700 ekor. Dan 2022 ini target kita sebanyak banyaknya. Untuk sementara ini, yang sudah terdata ada 7000 ekor, dan angka tersebut tidak menuntut kemungkinan akan bertambah. Sapi ini akan dikirim pada 15 Mei 2022, dengan kota tujuan Jabotabek dan sekitarnya," pungkasnya.

Sementara itu, hadir dalam kegiatan sosialisasi sekaligus rapat koordinasi tersebut yakni perwakilan Kapolres Bima, Dinashub Kabupaten Bima, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Bima, Pihak Karantina Cabang Bima, Sekretaris PPHI Kabupaten Bima dan para peternak di wilayah Kabupaten Bima.(KO.O4)

No comments

Powered by Blogger.