HMS Bicara Bhinneka Tunggal Ika dengan Keluarga Etnis Hindu Kabupaten Sumbawa

Sumbawa,KabaroposisiNTB.Com--Dalam mempersatukan masyarakat di Pulau Sumbawa Anggota DPR RI H Muhammad Syafrudin ST,MT, melalui 
Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan 
dilaksanakan di Bale Banjar Suka Duka Jalan Yos Sudarso no 25 Sumbawa besar.
Adapun peserta Umat Hindu/ Etnis Bali Sumbawa dari Kecamatan Rhee, Kecamatan Labuhan Badas, Kecamatan Sumbawa dan Kecamatan  Plampang sebanyak 165 orang dilaksanakan Hari Minggu (27/3). 

HMS pada kesempatan itu, Mengungkapkan 4 pilar kebangsaan itu harus terus disosialisasikan. Bhineka Tunggal Ika sebagai landasan kita semua dalam berbangsa dan bernegara. 
"Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara menjadi keharusan bagi kita semua untuk dapat menerapkan kapan dan dimanapun kita berada, kita tahu bahwa Indonesia memiliki 17.504 pulau, memiliki 1.340 suku, kemudian ada 718 bahasa, ini adalah keragaman yang harus memperkuat Indonesia dari sabang sampai merauke dan bukan justru membuat terpecah belah."ucap HMS

HMS menjelaskan bahwa undang-undang merupakan konstitusi dan hukum tertinggi,yang juga menjadi bagian kita dari sabang sampai merauke yang harus kita pedomani. 
"Seperti halnya, dengan beragam suku yang ada di Pulau Sumbawa saat ini, kita harus mampu menjaga kerukunan hidup bernegara dan berbangsa dalam kehidupan kita sehari-hari seperti Umat Hindu/ Bali di Sumbawa dengan masyarakat muslim," ucapnya.

Kata dia, dengan pedoman Bhineka Tunggal Ika kita akan mampu bersama dalam menjaga kerukunan kehidupan bermasyarakat di Sumbawa, walaupun perbedaan Suku, Ras dan Agama kita," Kata HMS.

"Selain itu, Dengan memahami 4 Pilar juga kesejukan bermasyarakat akan mampu membuat keharmonisan sesama di Sumbawa," Tambah HMS.

Sementara itu, Ketua Parisada Hindu Dharma Kabupaten Sumbawa Kapten Inf.(Purn) Nyoman Mandi menjelaskan 
Pra Acara yakni Regristasi Peserta dan pembagian materi sosialisasi 4 pilar MPR RI, Penyambutan Bpk HMS sekaligus pemasangan Udeng/ikat kepala dikepala beliau dan pemakain Senteng / ikat pinggang dipinggang Beliau Oleh Ketua Parisada Hindu Dharma Kab.Sumbawa yaitu Kapten Inf.(purn) Nyoman Mandi lanjut memasuki Arena Acara.

Wakil Ketua PHDI (Parisada Hindu Dharma Indonesia) I Made Suaria,S.P Kabupaten Sumbawa mengucapkan terimakasih dan apresiasinya kepada Anggota Badan Sosialisasi MPR RI H.Muhammad Syafrudin,ST,.MM akrab disapa HMS yang sekaligus sebagai Anggota DPR RI Fraksi PAN Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa yang cukup familiar namanya di Pulau Sumbawa.

Dijelaskan Nyoman Mandi, Sosok HMS luar biasa dalam mempersatukan masyarakat se-Pulau Sumbawa dalam mensosialisasikan 4 Pilar Bangsa dan Bhinneka Tunggal Ika dalam mempersatukan masyarakat yang ada. 

Koordinator pelaksana Acara I Made Suarya SP/ Made Yoyok mengutarakan rangkaian acara pada kesempatan itu yakni 1.Pembukaan 2.Menyanyikan lagu Indonesia Raya 
3.Doa bersama
4.Kata Sambutan dan Penerimaan.
5.Penyampaian Materi sosialisasi4 pilar.
6.Diskusi /Tanya jawab
7.istirahat /Penutup 
Dokumentasi terlampir 

"Acara berlangsung Hikmad dan tak diragukan lagi bahwa sosok HMS DPR RI yang mewakili Pulau Sumbawa peduli atas semua hal," Ungkap I Made Suarya.

Made Yoyok mengatakan,dengan kegiatan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI H.Muhammad Syafrudin,ST,.MM menguraikan satu persatu yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar, Bhinneka tunggal ika serta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ia berharap dengan kegiatan ini,semoga terjalinnya hubungan baik ini bisa kita tingkatkan antara Anggota DPR RI fraksi PAN HMS dengan warga kami etnis Hindu. Karna warga kami baru kali ini bisa bertemu langsung dengan beliau Anggota DPR RI HMS sebab selama ini warga kami melihat gambar saja dibaliho.(Marlin)

No comments

Powered by Blogger.