𝑫𝑳𝑯𝑲 𝑡𝑻𝑩 π‘Ίπ’π’”π’Šπ’‚π’π’Šπ’”π’‚π’”π’Šπ’Œπ’‚π’ π‘³π’π’Žπ’ƒπ’‚ 𝑫𝒆𝒔𝒂 π‘·π’†π’…π’–π’π’Š π‘³π’Šπ’π’ˆπ’Œπ’–π’π’ˆπ’‚π’

Keterangan Foto: Kepala Dinas LHK NTB Madani Mukarom.

Mataram,KabaroposisiNTB.Com--NTB Asri dan Lestari harus dibangun dari tingkat Desa. Sosialisasi Dibuka oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Barat  di Aula Dinas LHK Prov NTB. Acara ini dihadiri secara offline oleh BPKAD NTB, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sumbawa, UNRAM,  dan beberapa OPD Provinsi NTB, sedangkan peserta online  Dinas Pemdes Provinsi, Kabupaten, Kota, Dinas Kanlut Provinsi, Kabupaten, Kota, BPBD Provinsi, kabupaten, kota, Dinas LH Kabupaten, Kota dan seluruh Desa se-NTB, Ucap Kepala Dinas LHK NTB Kepada media ini, Senin (04/04). 

Penghargaan Desa Peduli Lingkungan merupakan sebuah ajang Apresiasi Pemerintah Pusat yang dapat mendorong Desa untuk semakin sadar dan menempatkan diri sebagai Tonggak Pembangunan Daerah, sekaligus menjadi upaya menjaga kelestarian lingkungan dengan berbagai program pembangunan berkelanjutan efektif yang diselenggarakan mulai dari pedesaan. Adapun Kategori Penghargaan Desa Peduli Lingkungan antara lain Perlindungan Hutan dan Rehabilitasi Lahan, Pengelolaan Persampahan, Ketangguhan Terhadap Bencana, Pengelolaan Wilayah Pesisir, dan Pembangunan Rendah Karbon, tuturnya. 

Adapun bahan Diskusi pada pertemuan ini adalah TAPE (Transfer Anggaran Pusat berbasis Ekologi). TAPE merupakan instrument kebijakan pengalokasian anggaran yang digunakan oleh Pemerintah (Provinsi) untuk mendukung secara langsung pembiayaan kelestarian lingkungan. TAPE diharapkan dapat mengantisipasi terjadinya Penurunan Kualitas Hidup Secara Global, jelasnya. 

Dalam acara ini, Kang Dani juga menjadi keynote speaker, dengan Top of Mind NTB ASRI DAN LESTARI, Kang Dani berkata “Ini adalah langkah awal dalam penyatuan visi Pemerintah dari tingkat Pusat hingga Desa terkait Politik Anggaran terhadap urusan Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Semoga kedepannya Harmoni semakin Terbangun untuk sama-sama menggapai “Indonesia Raya”, katanya.(Adi Alfaisal)

No comments

Powered by Blogger.