Dalam 2 Jam, Puluhan Rumah di Renda dilahap Jago Merah

BIMA,KabaroposisiNTB.Com--Memprihatikan kondisi masyarakat Desa Renda kecamatan Belo, Kabupaten Bima,NTB. Di tengah momentum akhir Ramadhan 1443 H, di saat warga akan merayakan kemenang lebaran dua hari mendatang. Puluhan rumah milik warga di RT 11, Dusun Tolo Renda, Desa Renda, Kecamatan Belo, Kabupaten Bima dilahap Si Jago Merah, Sabtu, 30 April 2022, sekitar pukul 15.00 WITA.Kebakaran yang terjadi selama dua jam itu melahap puluhan rumah warga yang tinggal tepat di depan Tempat Pemakaman Umum Desa Renda.

Informasi didapat media ini dari sumber terpercaya, Kronologis kejadian. Pada pukul 15.00 wita terjadi kebakaran berawal dari rumah H.Jamaludin rt 11 rw 06  dusun Co'o dompo Desa Renda sehingga merambat ke rumah yang lain hingga 38 rumah hangus terbakar yaitu di rt 11 dan rt 07 desa renda, Kecamatan Belo, ELO Kabupaten Bima, NTB.

Pada pukul 16.20 api behasil dipadamkan dengan menggunakan 2 unit mobil pemadam kebakaran dan di bantu oleh masyarakat.

Adapun nama korban kebakaran sbb:

1. H.Namaludin 

2. H.Jasman

3. H.Sukri

4. H. M. Salah

5. Hawab

6. H. Yasin rusak parah

7. H. Yusuf

8. Ita

9. H.jasman

10. J.uye

11. Jumaidin

12. Yani

13. Jakaria

14. H. Nusu

15. Mamadin

16. M. Iye

17. H. Yusrin

18. H. Jurae

19. Zulhijah

20. Rooma

21. Eka

22. Sumarni.

23. Abdul haris

24. H. Samsul

25. H. Di

26. H. Abubakar

27. Nani abu ndio

28. Abu mukri

29. Saharudin rusak parah

30. Mama ina darwi

31. Murtalib

32. H. Durasi abu fario

33. Tami ama joha

34. Abdul haris pp 

35. Abdul latif pp nita

36. Saharudin

37. H.abidi s

38. Ahua

Lebih lanjut, dari keterangan warga di lokasi, disinyalir pula sumber api awalnya dari kompor yang ditinggalkan dalam keadaan menyala oleh anak korban. Sementara, kedua orang tuanya sedang berada di sawah.

Menurut warga Renda, Rahman Jaya mengungkapkan, api yang berkobar luar biasa besarnya itu berhasil dipadamkan setelah dua jam membakar puluhan rumah.

"Kondisi pemadaman berhasil dikendalikan. Setelah bantuan mobil Pemadam Kebakaran milik Pemerintah Kabupaten Bima dan BPBD Kabupaten Bima turun ke lokasi. Dan untung juga ada  Mobil Water Cannon milik Polres Bima yang ikut memback up pemadaman ditambah dengan gotong royong warga se tempat," ujar pengusaha bawang di Renda itu.

Sementara, Kades Renda Lukman menyampaikan, pihaknya belum mendata jumlah rumah yang terbakar. Ia memastikan lebih dari 30 unit rumah yang kondisinya rata dengan tanah. Sementara yang lainnya alami kerusakan berat dan ringan.

“Belum diketahui ada korban jiwa. Dan lebih dari 30 rumah yang ludes terbakar. Sementara rumah lain ada yang rusak berat dan rusak ringan. Sementara, kerugian dari musibah ini masih menunggu pihak ahli yang menghitungnya,” ungkap Kades. (RED)


No comments

Powered by Blogger.