HMS Bagikan Bantuan 1.411.000 Bibit Bandeng di Kabupaten Bima Melalui Aspirasinya


BIMA,KabaroposisiNTB.Com--Anggota DPR RI Fraksi PAN Dapil NTB 1 (Pulau Sumbawa) Komisi IV H Muhammad Syafrudin ST MT terus berjuang memanfaatkan jabatannya di pemerintah pusat untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Bima khususnya se-pulau Sumbawa umumnya. 

Baru ini, Anggota DPR RI dari Fraksi PAN Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa H.Muhammad Syafrudin,ST.MM akrab disapa HMS yang dikenal sederhana dan peduli berikan bantuan Bibit Bandeng kepada kelompok tani dan kegiatan pembagian Bibit Bandeng di UPT Perikanan dan Kelautan Palibelo Kabupaten Bima pada (9/6) melalui Aspirasinya Anggota Komisi IV DPR RI.

Anggota DPR RI fraksi PAN Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa H.Muhammad Syafrudin,ST,.MM Bekerjasama dengan Kepala Balai Perikanan Budidaya Air Payau( BPBAP) Situbondo Boyun Handoyo,S.Pi,.M.Si dan Kapokja Ikan BPBAP Situbondo Ahmad Bohari Muslim,SP,.M.Si dan dihadiri juga oleh Dinas Perikanan Kabupaten Bima M. Yulhaidin dan Staf Ahli HMS Jakariyah.

Dengan mengandeng Kementerian Kelautan dan Perikanan Direktorat Jendral Perikanan Budidaya bersama Balai Perikanan Budidaya Laut Lombok. 

Pada kesempatan itu, Kegiatan Temu lapang dan Diseminasi Teknis Budidaya Lele Sistem Bioflok (BPBL Lombok). Dan Penyerahan Bantuan Benih Bandeng (BPBAP Situbondo) diberikan kepada para pemilik tambak (Nelayan ) Ikan Dengan Benih Nener melalui Aspirasinya melalui Kementrian.

Kelompok yang mendapatkan bantuan benih bandeng sebagai berikut : (1) Kelompok So Rau 1, (2).Kelompok So Rau 2, (3).Kelompok Lakafa 1,(4). Kelompok So Lakafa 2, (5). Kelompok So Rade Mbai 1, (6).Kelompok So Rade Mbai 2, (7).Kelompok So Nisa 1, (8) Kelompok So Nisa 2, (9).Kelompok So Tumpu Naru 1, (10).Kelompok So Tumpu Naru 2,(11).Kelompok So O Nanga tela 1,(12) Kelompok So O Nanga tela 2, (13) Kelompok Soo Oi Panihi Darusalam.(14) Desa Palibelo 1.

Dalam pidatonya,HMS untuk mengembangkan potensi usaha budidaya lele sistem yang harus dipakai harus mengunakan ilmu dan pengetahuan melalui teknologi modern ungkapnya temu lapang. 

"Teknis Budidaya sistem Bioflok (BPBL Lombok) bisa dipakai dan dipergunakan para peternak tambak ikan leleh," ucapnya. 

Anggota DPR RI fraksi PAN H.Muhammad Syafrudin,ST.MM mengatakan, kegiatan Bimtek tanggal 10/6 di Taman Kalaki yakni kegiatan itu kolaborasi antara BPBAP Situbondo dan BPBL Lombok Itu program Bioflok budidaya ikan air tawar keduanya itu merupakan Aspirasi HMS.

” Kelompok penerima bibit bandeng tersebut adalah Kecamatan Woha Desa Palibelo Kabupaten Bima ada 10 kelompok, Kecamatan Bolo desa Darrusalam sebanyak 3 kelompok.Dan desa Palibelo 1 kelompok sehingga total sebantak 1.411 000 bibit ikan.Masing- masing kelompok mendapatkan 100 bibit bandeng ” jelasnya. 

HMS juga menyampaikan, setelah mengumpulkan dan mendata serta mengecek seluruh kelompok dari 3 desa tersebut, maka pada saat itu HMS memberikan pengarahan kepada para kelompok agar bantuan ini benar-benar dimanfaatkan kemudian bisa membantu masyarakat, karna pada saat itu lahan bandeng terkena banjir sehingga ikan bandeng banyak yang terbawa arus.

“Maka oleh sebab itu dengan bantuan ini semoga masyarakat bisa terbantu atas hasil aspirasi dirinya sebagai anggota DPR RI Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa. Harapannya masyarakat terus tetap giat dalam melakukan budidaya bandeng agar kedepan terus berkembang dan mendapat hasil yang maksimal”terangnya

Lanjutnya, Dengan adanya bantuan bibit bandeng tersebut,masyarakat kelompok yang mendapatkan bantuan mengucapkan terimakasih dan apresiasinya kepada HMS yang telah memberikan perhatian penuh kepada masyarakat yang ada di pesisir laut petani bandeng sehingga mereka dapat terbantu.

Pada kegiatan bimtek itu HMS hadir dan menyerahkan secara simbolis bibit bandeng sebanyak 1.411.000 sebanyak 14 kelompok. Dan juga menyerahkan secara simbolis kepada 2 kelompok yang mendapat bantuan Biaflok masing- masing senilai 179.575.000 di 2 kelompok  Ponpes Imam Syafiih Kota Bima dan Yayasan Darusalam NW Dompu.

Pada kegiatan BIMTEK itu di hadiri oleh Kepala BPBL lombok, HMS, Kadis Perikanan dan kelautan Kabupaten Bima dan juga Kepala BPBAP Situbondo 14 kelompok perwakilan masing-masing 2 orang dan 2 kelompok yang mendapat bantuan BIOFLOK AIR TAWAR.

HMS juga menambahkan mengajak masyarakat petani bandeng untuk sungguh-sungguh dan terus belajar untuk membudidaya bandeng dengan benar agar mendapat hasil yang maksimal,  Tak lupa HMS menyampaikan Kepada peserta yang mendapat bantuan bioflok untuk melatih santri dan santriwati agar belajar menjadi wira usaha melalui budidaya ikan air tawar.

HMS terus hadir membantu rakyat bukan hanya di bidang perikanan dan kelautan tapi di bidang pertanian, peternakan, perkebunan dan Menyerahkan bantuan alsintan untuk menunjang percepatan pertumbuhan ekonimi bangsa dengan memanfaatkan alat-alat yang moderen.Bantuan pemerintah melalui aspirasi anggota DPR RI ini bisa di manfaatkan secara maksimal oleh masyarakat penerima manfaat dari bantuan ini.(MARLIN).


No comments

Powered by Blogger.