Pengembangan SDM, Kebutuhan Penting Kabupaten Bima

BIMA,KabaroposisiNTB.Com--Pengembangan kapasitas dan kompetensi SDM di Kabupaten Bima menjadi kebutuhan yang sangat penting, terutama dalam peningkatan kemampuan Literasi dan Numerasi. Hal ini di sampaikan oleh Kepala BAPPEDA Kabupaten Bima, Suwandi, ST.MT, saat membuka kegiatan Inovasi, Berbagi Inspirasi Solusi dari Kemitraan Pemerintah dan LPTK untuk Literasi dan Numerasi Dasar di Provinsi NTB, bertempat di Hotel Marina Inn, Senin ( 13/06).

" Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi khusunya di Kabupaten Bima, masih menjadi pekerjaan rumah bagi semua pihak pemangku kepentingan, oleh karena itu dibutuhkan peningkatan SDM yang berkualitas melalui program INOVASI. " ujar Suwandi.

District Coordinator  INOVASI wilayah NTB, Toha Arifin, dalam penyampaiannya, mengatakan bahwa melalui kegiatan ini, diharapkan ada peningkatan capaian Literasi dan Numerasi, di lingkungan sosial, dan lingkungan akademik di satuan pendidikan usia dini, dan satuan pendidikan PKBM serta SKB.

Sementara itu, Hari Nurhadi, M.Pd Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan ( LPMP ), Provinsi NTB, dalam sesi pemaparan materi menyampaikan, Rapor Pendidikan berperan sebagai " Single Source of Truth ", dengan kata lain, Rapor Pendidikan, seharusnya dijadikan sebagai sumber utama dalam melakukan analisis, perencanaan, dan tindak lanjut, dalam upaya peningkatan kemampuan Literasi dan Numerasi. 

Pemaparan materi selanjutnya disampaikan oleh Kepala Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima, Zunaidin S.Sos.MM, yang lebih menekankan kepada Pengaplikasian metode TaRL ( Teaching at The Right Level ), atau Pembelajaran berbasis kemapuan, telah di replikasikan disemua Sekolah Dasar yang ada di Kabupaten Bima.

Kegiatan ini, selain di hadiri oleh perwakilan guru Kabupaten Bima, perwakilan tim program Literasi, juga dihadiri oleh Perwakilan Pemerintah dari Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Dompu, dan Kota Bima.(RED)

No comments

Powered by Blogger.