Peristiwa Sebelum dan Sesudah Pelantikan Pilkades Serentak Kabupaten Bima

Bima,KabaroposisiNTB.Com-- Pilkades Serentak Kabupaten Bima untuk 57 Desa telah selesai dan para kades telah dilantik pada Rabu 3 Agustus 2022 kemarin. Beberapa catatan dari Pilkades serentak yang menarik untuk disimak dan diketahui yang dirangkum media ini. 

Salah satunya, adanya pelaporan oleh beberapa kandidat calon kades terpilih yang diduga mengunakan ijazah palsu di Desa Kole kecamatan Ambalawi. Belum lagi, salah satu Cakades terpilih diduga mengalami kelainan jiwa setelah Pilkades dan tak ikut pada pelantikan serentak kemarin. 

Dua kades perempuan terpilih yakni di Desa Naru Barat, serta Oi Panihi. Sebelum pelantikan kantor desa Rada kecamatan Bolo terbakar, dan Desa Sondosia undangan pelantikan bagi calon nomor 2 peraih suara terbanyak dan muncul aksi pemblokiran jalan atas kekeliruan pihak Dinas Dpmdes. 

Paling menarik dari 23 Desa yang petahana (Incambent) mengikuti kembali hanya 8 Desa mereka tetap terpilih. Ini menjadi sejarah bagi berpolitikan di kabupaten Bima, apakah pengaruh Dana Desa atau memang masyarakat telah cerdas dalam politik untuk menentukan pemimpinya atau hal lain. 

Semua hal diatas menjadi catatan dari pra Pilkades dan sesudah Pilkades hingga ke pelantikan.(***)

No comments

Powered by Blogger.