Setelah Jambore Nasional HMS Berharap Ada Peserta Jambore Dunia dari Kwarda NTB


Foto: Kegiatan Jambore Nasional Pramuka ke IX.

JAKARTA,KabaroposisiNTB.Com__Penutupan acara Jambore Nasional (Jamnas) XI 2022 dipimpin langsung oleh Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Budi Waseso dilaksanakan pada Sabtu (21/08/22). Acara yang bertemakan “Ceria, Berdedikasi dan Berprestasi" ini bertempat di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur.

Dengan hadirnya acara ini, ia mengharapkan agar seluruh peserta dapat menanamkan persaudaraan dengan peserta lainnya. Hal ini juga berguna untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan berdasarkan Pancasila.

“Agar Indonesia dimasa depan dapat menjadi bangsa yang lebih besar, maju, sejahtera, damai, dan bersahabat,” ujar Budi dalam sambutannya.

Sebelumnya, acara ini telah diselenggarakan sejak 14 Agustus lalu yang juga bertepatan dengan Hari Pramuka Ke-61. Jumlah peserta yang mengikuti acara ini diketahui mencapai 8.042 orang dari seluruh Indonesia.

Menariknya para peserta memiliki latar belakang yang berbeda-beda, tanpa memandang perbedaan suku, ras dan agama, antar golongan lainnya lainnya. Termasuk juga dengan para pramuka penggalang yang berkebutuhan khusus.

Presiden Joko Widodo didampingi Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Budi Waseso (kanan) menyapa peserta Jambore Nasional Gerakan Pramuka di Buperta, Cibubur, Jakarta, Jumat, 19 Agustus 2022. Jambore Nasional digelar setiap 5 tahun sekali dengan peserta dari perwakilan seluruh kabupaten dan kota se-Indonesia.

Terdapat keikutsertaan dari 66 pramuka yang memiliki kebutuhan khusus, yaitu tuna netra, tuna daksa, tuna rungu, dan tuna grahita. Sementara peserta lainnya berasal dari Gugus Depan yang berpangkalan di KBRI dan KJRI, yaitu sebanyak 15 orang berbasis dari Kuala Lumpur dan 12 orang dari Kota Davao Filipina,

Tidak hanya itu, datang juga dari Persekutuan Pengakap Malaysia sebanyak 21 orang dan UK Muslim Scout Fellowship sebanyak empat orang putri. Selain itu hadir juga perwakilan dari WOSM, APR dan World Scout Foundation, National Scot Organization of Thailand dan Korea Scout Association.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Jamnas Xi, Budi Prayitno mengatakan bahwa berbagai ilmu pengetahuan, keterampilan, pengalaman juga didapat sebagai wawasan yang diterima peserta selama Jamnas. Menurutnya, berbagai wawasan tersebut nantinya dapat dijadikan sebagai bekal untuk kehidupan di masa yang akan datang.

Ia juga menilai bahwa kegiatan Jamnas dipersiapkan, direncanakan dan dilaksanakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 yang ketat. Kegiatannya pun bersifat edukatif dengan menggunakan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan dalam bentuk permainan, diskusi, demonstrasi, simulasi dan kompetisi.

Adapun kedatangan Presiden Joko Widodo selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional (Mabinas) ke Jambore Nasional pada Jumat, 19 Agustus 2022. Ia menyaksikan kegiatan yang dilakukan di Jamnas. Selaku Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, ia menilai kerja sama dan dukungan yang baik dari jajaran pemerintah pusat maupun daerah. 

Jambore Nasional Pramuka ke-XI akan berlangsung di Cibubur, Jakarta pada 14 - 21 Agustus 2022.

Begitu juga Sosok H Muhammad Syafrudin ST MT Anggota DPR RI Dapil NTB 1 (Pulau Sumbawa) Komisi IV selalu memberikan dukungan kepada seluruh elemen masyarakat se-Pulau Sumbawa termasuk kontingen dari kabupaten Dompu, Provinsi NTB yang ikut serta. 

Kata dia, Jambore Nasional adalah pesta Pramuka Penggalang se Indonesia dalam waktu 5 tahun sekali dan kali ini pasca menurunnya Pandemi baru dilaksanakan, kegiatan ini sendiri berlangsung 1 minggu dan diisi dengan kegiatan Indor serta Outdor," ungkap Kandidat Doktor Kampus Brawijaya ini. 

Ia berharap kontingen dari pulau Sumbawa dapat menunjukkan kemampuannya dan mampu meraih juara di Jambore Nasional Pramuka ke XI ini," harap HMS. 

Disisi lain, sebagai anggota DPR RI perpanjangan tangan dari kepercayaan rakyat kali ke tiga, dirinya siap mendukung kegiatan masyarakat di pemerintah pusat, sepertiJambore Nasional Pramuka ini juga," janjinya.(RED)




No comments

Powered by Blogger.