Selain Memperjuangkan Anggaranya, HMS Hadir Pada Briefnote Peresmian Dermaga Apung di Desa Kolo Kota

Keterangan Foto: HMS saat peresmian Dermaga Kolo, Kota Bima.

KOTA BIMA,KabaroposisiNTB.Com--Anggota DPR RI H Muhammad Syafrudin ST MT, Komisi IV Dapil NTB 1 (Pulau Sumbawa) terus memperjuangkan segala bentuk bantuan untuk Kota Bima. Beliau juga Baru baru ini, Hadir pada peresmian Dermaga Apung di Desa Kolo Kota diresmikan, tepatnya pada Jumat, 21 Oktober 2022. 


Seperti kita ketahui pelabuhan rakyat Desa Kolo, Kecamatan Asakota merupakan desa yang menjadi salah satu sentra nelayan penghasil Tuna dan komoditas perikanan lainnya, serta terdapat kurang lebih dari 300 nelayan dan banyak perahu yang bersandar di pelabuhan rakyat tersebut.  

Koordinator Pulau Pulau Kecil Dan Terluar (KKP) Dr. Ahmad Aris, SP, MSi mengungkapkan adapun ukuran perahu masyarakat nelayan bervariasi di dermaga apung Kolo, umumnya dibawah 5 GT dengan kondisi dermaga yang telah mengalami kerusakan dengan daya tampung maupun pelayanannya masih terbatas. 


"Alhamdulillah dengan adanya Dermaga ini mereka terbantukan," katanya. 

Dikatakannya lagi, Melalui usulan dan dukungan aktif dari Pemda dan Tokoh Masyarakat Kota Bima menjadi dasar pertimbangan pihak KKP untuk membangun dermaga yang dilengkapi dengan platform apung sehingga proses tambat labuh bisa dilakukan setiap saat tanpa harus menunggu kondisi pasang surut yang seringkali menyulitkan untuk melakukan proses labuh dan bongkar muat ikan hasil tangkapan dan tak lupa berkat perjuangan anggota DPR RI H Muhammad Syafrudin ST MT sehingga Dermaga ini terbangun. 


Sambungnya, Pekerjaan ini dilaksanakan oleh CV. Anugerah Indah sebaga Penyedia dan CV. Cakrawala Konsultant sebagai Konsultan Pengawas, dengan nilai realisasi pekerjaan sebesar Rp.1.296.822.552,00. 


"Pelaksanaan pembangunan dermaga apung telah selesai diserahterimakan kepada Pemerintah Daerah Kota Bima pada hari Jum’at, 21Oktober 2022 yang pada pekerjaannya melibatkan berbagai pihak mulai dari kontraktor, Konsultan pengawas, Dinas Perikanan Kota Bima, masyarakat setempat, serta Tim Teknis dari DJPRL dan Inspektorat Jenderal KKP  yang bertujuan  untuk memastikan bahwa pekerjaan telah selesai 100% dan  sesuai dengan spesifikasi yang telah dipersyaratkan," sebelumnya ujar Aris. 


Besar harapan kami agar dermaga apung yang saat ini telah diserahkan kepada Pemerintah Daerah Kota Bima melalui Dinas Perikanan Kota Bima bisa bermanfaat, khususnya untuk semua warga desa Kolo Kecamatan Asakota Kota Bima. Selanjutnya kami mohon pihak Dinas dan masyarakat dapat melakukan pemeliharaan secara berkala serta memberikan laporan pemanfaatan kepada Ditjen Pengelolaan Ruang Laut sebagai bentuk monitoring terhadap pemanfaatan Dermaga Apung di Desa Kolo Kota Bima.


Tak lupa juga dirinya menambahkan, Dengan adanya HMS dermaga ini terbangun. Sosok sederhana dan humoris tersebut benar benar membantu masyarakat kota Bima," ungkap Aris. 


Ditempat terpisah HMS menjelaskan, Dengan adanya Dermaga ini diharapkan dapat membantu masyarakat Nelayan Kolo dan kota Umumnya.


"Sebagai anggota DPR RI, sudah menjadi kewajiban kami memperjuangkan kepentingan masyarakat untuk kepentingan umum," terang Kandidat Doktor Kampus Brawijaya ini.(MARLIN)

No comments

Powered by Blogger.