HMS terus Genjot Peningkatan Pertanian di Dompu

Foto: Saat Kegiatan Bimtek di Kabupaten Dompu DPR RI H Muhammad Syafrudin ST, MT. 

DOMPU, KabaroposisiNTB. COM---Dalam meningkatkan hasil tani masyarakat se-pulau Sumbawa anggota komisi IV dari partai PAN DPR RI H Muhammad Syafrudin ST, MT, terus berupaya melakukan berbagai bimtek baik itu penyuluh bahkan langsung para petani. Beberapa waktu lalu para nara sumber dari kampus Brawijaya Malang dihadirkan, di Kabupaten Dompu baru ini, Bimtek Tanaman Pangan Tentang Benih Berkualitas dihadirkan Balai Pengawasan dan Sertifikat Benih Pertanian Provinsi NTB. 

Edy Purwo Asbianto , SP mengungkapkan Terima kasih perhatian yang besar dari anggota DPR RI H Muhammad Syafrudin ST MT dalam mendukung kegiatan para petani di NTB, khususnya di pulau Sumbawa. 


"Tak dipungkiri bantuan dari Anggota DPR RI H Muhammad Syafrudin atau di sapa HMS untuk para petani di pulau Sumbawa selama ini telah begitu banyak, baik itu alsintan, benih berupa jagung, kedelai, padi serta bawang diberikan sejak dirinya duduk di komisi IV, " Jelas Edy. 


Pada kesempatan bimtek, Edy Purwo Asbianto menyampaikan kepada para petani dan penyuluh Agribisnis Perbenihan Tanaman Pangan harus dimulai dengan pilihan Varietas Unggul yang tepat dan bermutu sebelum tanam. 

"Apabila para petani memilih Varietas baik akan memperoleh hasil maksimal saat panen, " Tuturnya. 


Untuk diketahui perlu upaya khusus melakukan pembinaan dan pengembangan Industri Benih Tanaman Pangan. Pasalnya, Industri benih belum berkembang optimal, khususnya benih jagung dan kedelai, karena kelembagaan perbenihan belum berfungsi sesuai harapan, " Terang Edy. 


"Untuk itu dukungan dari anggota komisi IV untuk hal ini sangat diharapkan agar evaluasi kegiatan Perbenihan tahun 2023 dan ketersediaan benih tanaman pangan terpenuhi, " Tambahnya. 


Ditambahkannya lagi, pengawasan balai saat ini terus ditingkatkan, " Tegasnya. 


Sementara itu, HMS menjelaskan Bimtek ini dalam meningkatkan hasil tani masyarakat melalui penyediaan benih Varietas unggul yang baik dan bermutu. 


"Ia tetap berkomitmen mendukung kepentingan para petani di Pulau Sumbawa, " Janjinya. 


Disisi lain, Kandidat Doktor Kampus Brawijaya Malang berharap melalui kegiatan Bimtek ini para petani kelak mampu memilih benih Varietas untuk bercocok tanamnya baik jagung, kedelai, padi, bawang dan lain-lainnya untuk memaksimalkan hasil mereka kelak, " Harap HMS. (MARLIN) 

No comments

Powered by Blogger.