Gandeng BPBD, Pertamina Serta Dinas PUPR Jajaran Danramil 1608-05 Lakukan Pendistribusian Air Bersih Di Soromandi


Bima,KabarOposisi--Kepekaan jajaran TNI yang peduli atas kondisi masyarakat di wilayah kecamatan Donggo,Bima,NTB,yang dilanda kekurangan air bersih Danramil 1608-05/Donggo bersama BPBD,Pihak Pertamina,Dinas PUPR melaksanakan pendistribusian air beraih.

Kegiatan ini dikawal langsung oleh Danramil 1608-05/Donggo yang dipimpin langsung oleh Lettu Inf Mahdin proses pendistribusian air bersih kepada masyarakat Dusun Ndanondere Desa Bajo Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima, pada hari Senin (22/07/2019).

Danramil Donggo kegiatan  pembagian air bersih Pihaknya bekerjasama dengan PT. Pertamina Cabang Bima, BPBD dan Dinas PUPR Kabupaten Bima dalam rangka pemenuhan kebutuhan air bersih masyarakat yang ada di kecamatan Soromandi," katanya.

"Penditribusian air bersih sudah dilakukan mulai tanggal 19 Juli kemarin.Alhamdulillah ini yang ketiga kalinya pembagian air bersih akibat minimnya debit air dibeberapa tempat sumber air," ungkap Mahdin.

Dandim 1608/Bima Letnan Kolonel Inf Bambang Kurnia Eka Putra membenarkan kegiatan Danramil tersebut." Hal ini disebabkan kondisi yang dialami masyarakat Desa Bajo yang kekurangan air bersih," terangnya.

Menurunnya debit air pada sumber mata air yang biasa digunakan tempat mengambil air bersih serta musim kemarau penyebab kekurangan air bersih.Selain hal tersebut diatas karena kondisi hutan sudah tidak berfungsi dengan baik akibat penebangan pohon secara liar ataupun peralihan fungsi hutan sebagai lahan pertanian dan ladang oleh masyarakat," ujar Dandim.

Pihaknya sudah memberikan instruksi kepada seluruh Koramil agar melakukan pengecekan dan pendataan ulang desa-desa yang membutuhkan air bersih sehingga bisa dikoordinasikan dengan pemerintah daerah terutama dinas terkait dalam penanganannya.

Dandim Alumni Akmil 1999 menghimbau masyarakat untuk menjaga kelestarian alam terutama hutan dan tidak melakukan penebangan pohon secara liar mengingat fungsi hutan sebagai penyedia sumber air, penghasil oksigen dan pengedali bencana sehingga wilayah tidak mudah dilanda kekeringan seperti yang dialami sekarang ini.(KO01)


No comments

Powered by Blogger.