MTs Sila Utamakan Program Islami,Guna Mencetak Qari dan Qariah


Bima,KabarOposisi--Madrasah Tsnawiyah (MTs) Sila Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima,NTB, utamakan program Islami untuk mencetak Qari dan Qariah, Hafiz dan Hafizah yang berkualitas serta berakhklakul karimah, Senin (15/07/19)

Kepala MTs Sila Ibrahim MT. S.Pd menyampaikan, madrasah tersebut mempunyai ciri khas tersendiri yang membedakan dengan lembaga lain, sebelum memulai Proses Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) siswa diharuskan membaca Al-quran secara bersama.

"Mulai jam masuk 7:15 Wita Siswa membaca Al-quran secara bersama, dan setiap siswa membawa Al-quran," katanya.

Dijelaskannya, program baca Al-quran merupakan kegiatan yang kontinen dan wajib diselesaikan oleh siswan, selain itu bagi seluruh siswa sebelum pulang aka melaksanakan sholat Zuhur secara berjamaah.

"Disini kami juga programkan kegiatan jumat sore untuk pembinaan qari dan wariah khusus yang menjadi qari, qariah dan setiap malam minggu siswa menginap di sekolah untuk menyetor hafalan Al-Qurran karna disetip minggu siswa harus wajib menyetor hafalah," jelasnya.

Dia mengungkapkan, bagi siswa pemula yang belum bisa mengaji akan diadakan pembinaan khusus setiap pagi berupa ajaran agar bisa membaca Al-quran. Kegiatan tersebut menjadi priroritas sehingga siswa MTs Sila setelah tamat dari sekolah tersebut sudah bisa membaca Al-quran, solat dan menghafal Al-quran.

"Sampai hari ini, stelah satu tahun berjalan kami siswa yang haflah 1 zus sampai ada yang 5 zus, dan didukung oleh guru yang berkualitas," ungkapnya.

Dirinya berharap, partisipasi dari  masyarakat beserta orang tua siswa, agar kedepan pembinaan Al-quran lebih bagus  dan menjadi pondok pesantren pembinaan Quran yang unggul.

"Kami harap dukungan dari berbagai pihak terutama masyarakat dan orang tua siswa, aga kedepan program ini lebih maju lagi," tutupnya.(K001)

No comments

Powered by Blogger.