Tingkatkan Peran Masyarakat Guna Mewujudkan, " Kamtibmas"

Bima,Kabaroposisi--Pada hari Rabu tanggal 21 Agustus 2019, pukul 09.00 wita s/d  11.30 wita bertempat di Aula Kantor Desa Ncera Kec Belo Kab Bima telah dilaksanakan kegiatan FGD ( Focus Group Discussion ) oleh Sat Binmas Polres Bima dengan Tema " MENINGKATKAN PERAN POTENSI MASYARAKAT DAN MITRA KAMTIBMAS GUNA MEWUJUDKAN KAMTIBMAS YANG KONDUSIF DI KABUPATEN BIMA ".

Kegiatan tersebut di hadiri oleh KBO Binmas Polres Bima IPTU SUHERMANSYAH beserta anggota Sat Binmas,Kapolsek Belo IPDA I KADEK SUMERTA, S.H,Sekdes Ncera sdra TAMRIN,Bhabinkamtibmas Desa Ncera, BRIPTU ADHAR,Para Toga, Tomas, Toda dan masyarakat Desa Ncera,Kecamatn  Belo,Kabupaten Bima, Ketua karang taruna sdra Karaeng  beserta Anggotanya.

Kegiatan FGD di buka oleh  Sekdes Ncera sdra  TAMRIN   menyampaikan ucapan terima kasih kepada Sat Binmas Polres Bima yang hadir di Desa Ncera dalam rangka memberikan bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat Desa Ncera guna memotivasi dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban khususnya di Desa Ncera

Kemudian dilanjutkan Sambutan KBO Binmas Polres Bima, IPTU SUHERMANSYAH menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Desa Ncera beserta Aparatur Desa,  perwakilan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda serta masyarakat yang berkenan meluangkan waktu untuk hadir dalam kegiatan ini yang sekaligus sebagai ajang silaturrahmi antara Polri dengan masyarakat.

" Kehadiran Sat Binmas sebagai  bentuk dan wujud  kemitraan antara Polri dan potensi masyarakat meliputi pemberdayaan Community Policing ( Polmas ) dan pemberdayaan pengamanan swakarsa"

 Sambungnya, Penerapan Polmas ini lebih menitikberatkan pada kegiatan pembinaan dan penyuluhan seluruh aspek warga masyarakat guna menciptakan jalinan kemitraan yang dinamis antara pihak Kepolisian dan masyarakat," jelasnya.

Ditambahkannya,mewujudkan kesadaran dan ketaatan hukum dan kesadaran tentang Kamtibmas serta menekan pengaruh faktor-faktor kriminogen terhadap munculnya kejahatan dan gangguan keamanan dan akan menyeimbangkan kegiatan pemberantasan kejahatan yang bersifat reaktif dengan kegiatan yang bersifat proaktif untuk mencegah berbagai kondisi sosial dan ketidaktertiban dalam masyarakat agar tidak berkembang menjadi kejahatan, sehingga dibutuhkan pelibatan warga untuk bersama-sama menangani berbagai masalah keamanan dan ketertiban masyarakat," terangnya.

Dijelaskannya, Situasi kamtibmas di suatu wilayah sangat dipengaruhi oleh partipasi masyarakatnya, jika partisipasi masyarakat itu mulai rendah maka gejala atau inti timbulnya permasalahan besar dalam memelihara stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat akan muncul dan berkembang," tuturnya.

Kapolsek Belo IPDA I KADEK SUMERTA, S.H   inti  penyampaiannya Akhir-akhir ini sering terjadi kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Bima seiring naiknya titik hotspot walaupun dalam taraf bukan darurat Karhutla.

Dalam kesempatan yang baik ini Kapolsek Belo menghimbau kepada masyarakat Desa Ncera tentang dampak dan bahaya membakar hutan dan lahan karena selain haram membakar hutan juga dapat mengganggu aktifitas kemanusiaan.Apalagi Kepolisian Resor Bima sudah membentuk Satgas Karhutla sehingga kita semua dapat berbagi peran seperti melakukan himbauan dan penyuluhan, patroli, masyarakat dapat menginformasikan jika ada titik api dan memadamkannya,Kepolisian melakukan penyidikan dan masyarakat sebagai intelegennya.

Pemaparan materi disampaikan  oleh BRIPKA M GUNTUR antara lain dari segi keamanan dan ketertiban khususnya di Desa Ncera sangatlah baik. Kondusifitas ini tidak lepas dari peran masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya masing-masing.

Peran masyarakat dalam membangun sinergitas bersama aparat dalam hal ini Bhabinkamtibmas dan Babinsa sangatlah penting sehingga dapat mewujudkan komitmen bersama dalam hal menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Perlu ada jalinan komunikasi yang erat antar warga dan masyarakat harus berperan aktif dalam mengamankan lingkungannya seperti kegiatan poskamling dan ronda malam sehingga potensi gangguan Kamtibmas di Desa juga bisa terdeteksi sejak dini, kalau ada tindak kejahatan masyarakat bisa dengan cepat memberikan informasi yang diketahui.

 Masyarakat diharapkan tidak cuek dan bisa menjadi Polisi bagi dirinya sendiri dalam menjaga Kamtibmas di lingkungannya masing masing.

Efektifitas konsep ini dalam menciptakan Kamtibmas yang kondusif  dapat dilihat melalui pembentukan FKPM ( Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat ) di Desa.

 Dalam Sesi tanya jawab dan diskusi  banyak pertanyaan dan masukan dari peserta  antara lain Bhabinkamtibmas beserta elemen masyarakat  di minta untuk memafaatkan kegiatan masyarakat berupa Mbolo Weki untuk menyampaikan  himbauan-himbauan Kamtibmas. Peran aktif Bhabinkamtibmas juga sangat di rasakan masyarakat terutama dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan di tingkat Desa.

Agar pihak Kepolisian bisa secara rutin dan kontinyu melaksanakan penyuluhan hukum di masyarakat dan ceramah-ceramah agama di masjid serta bisa menggalakkan dan mengaktifkan kembali poskamling dan ronda malam guna menekan tindak kejahatan di Desa Ncera.(koo1hum)

No comments

Powered by Blogger.