"Kepala Desa Harus Kembangkan Potensi Dan Kompetensi SDM Desa"

MATARAM,KabaroposisiNTB.Com-- Pengembangan wilayah timur NTB adalah salah satu prioritas pembangunan Provinsi NTB. Wilayah timur sampai ke selatan NTB memiliki banyak sekali potensi yang harus terus didorong untuk dikembangkan. 

Dalam konteks industrialisasi NTB, P. Sumbawa memiliki peluang pengembangan yang sangat besar. Beberapa waktu yang lalu telah dibangun 100 ribu pulet ayam di wilayah Olat Maras - Sumbawa. "Sebentar lagi, kita akan groundbreaking pabrik etanol", kutipan pernyataan Gubernur dalam sesi pertemuan dengan beberapa Kepala Desa di wilayah Sumbawa dan Bima di Pendopo Gubernur NTB, Senin, 10 Agustus 2020.

Pengembangan potensi di wilayah Pulau Sumbawa tentunya membutuhkan dukungan dari seluruh Kepala Desa se-pulau Sumbawa. Sumberdaya alam besar yang ada di Pulau Sumbawa dsk harus digarap dengan optimal. Berbasis permesinan. Karena itulah konsep dasar industrialissasi NTB. Pabrik etanol yang merupakan industri turunan dari pengolahan gula di wilayah Tambora adalah contohnya. Ke depannya, Desa bersama Bumdes diharapkan melahirkan industri olahan berbasis potensi desa. Kekuatan Desa dengan alokasi Dana Desa harus dioptimalkan. Sinergi dengan seluruh stakeholders Provinsi dan Kabupaten/Kota harus digagas. Kelemahan terkait sarpras pendukung harus segera dikomunikasikan dengan baik kepada seluruh mitra terkait. Agar tujuan bersama NTB Gemilang dapat dicapai bersama, arahannya.

Menutup pertemuan tersebut, para Kades yang hadir mencoba sepeda listrik buatan IKM LE-BUI Lombok Barat. Apresiasi tinggi diberikan. Kebanggaan menjadi NTB mulai terasa. 

NTB Gemilang adalah tujuan bersama. Jadi harus didayung bersama. Kutipan indah tak bernama ini sepertinya menjadi kesimpulan yang baik untuk meresumekan pertemuan ini. Harapan besar yang dibangun adalah mimpi besar bersama Untuk NTB Gemilang, tuturnya.(KO.O6)

No comments

Powered by Blogger.