Seleksi Sekretaris dan Kadus Desa Dena Berlangsung Transparan

foto: Suasana Penjaringan Kadus dan Sekdes Desa Dena Kecematan Madapangga.
BIMA,KabaroposisiNTB.Com-- Tahapan proses penyeleksian Sekretaris dan Kepala Dusun (Kadus) Desa Dena Kecamatan Madapangga berlangsung secara transparan, mulai dari pembuatan soal hingga pada tes tulis yang dilaksanakan di aula kantor desa setempat, pada Rabu (5/8).

Ketua panitia Nasaruddin Aba menjelaskan  tahapan kegiatan ini dipersiapakan sejak Senin lalu. Dilakukan pengetikan soal ujian yang dikawal langsung oleh Muspika Kecamatan, Bhabinkantibmas, Babinsa serta Pemerintah Desa. "Ada 200 soal yang kita susun, semuanya dibuat secara tertutup dan dikawal oleh berbagai pihak," jelas Ketua Panitia.

Lanjutnya, setelah soal selesai dibuat, Selasa kemarin kita serahkan kepada pihak Polsek Madapangga. "Soal yang diserahkan ini masih dalam bentuk soft file dan masih dalam laptop yang disegel rapi," tambahnya.

Nasaruddin mengatakan bahwa tehnis tes ujian yang dilakukan hari ini Rabu (5/8) diatur seketat mungkin. Sebelum ujian dilaksanakan, soal 200 nomor terlebih dahulu diacak dan diundi berdasarkan nomor bangku peserta, sehingga urutan soal masing-masing peserta berbeda-beda. 

"Semua soal yang telah disusun oleh panitia pelaksan ini, berkaitan dengan tata kelola Pemerintahan, Pembangunan, Pemberdayaan Masyarakat dan Pengetahuan umum," jelasnya.

Dari sekian soal yang diacak itu, kata dia, 6 orang peserta calon Sekertaris akan mengerjarkan sebanyak 100 nomor dengan waktu 120 menit. Sedangkan 5 calon Kadus menyelesaikan soal 75 nomor dengan waktu 90 menit. Hal tersebut sesuai tata tertib yang disepakati awal oleh panitia.

"Isnya Allah jadwal test akan dimulai setelah ba'da Dzuhur dan hasil test-nya pun akan diumumkan hari ini juga, guna menghindari adanya dugaan lain dari publik," tandasnya.

Tak hanya itu, sambung dia, sebelas peserta yang mengikuti ujian ini juga, telah menanda tangani pakta integritas, bahwa siapapun yang terpilih menjadi Sekretaris maupun Kadus, tidak dipermasalahkan dikemudian hari," papar Nasarudin.

Melalui test yang begitu ketat itu, dirinya berharap pada siapapun yang lolos ujian agar dapat menjalankan tugas sesuai dengan mekanisme dan regulasi, serta mengedepankan sifat profesional dan beritegritas tinggi," pintanya.

Adapun nama-nama peserta ujian untuk calon Sekertaris yakni:
1. Sumarni S.Pd
2. Iksan S.Pd
3. Ajriansyah S.Pd
4. Ilham S.Pd
5. Faisal S.Pt
6. Firmansyah S.Pdi

Sementara peserta calon Kadus diantaranya:
1. Mahfud H. Mansyur
2. Suherman S.Pd
3. Muntar S.Pd
4. Hariyanto S.Pd
5. Hajairin S.Sos

Pantauan di lapangan, sekira pukul 11:00 sampai 12:00 Wita, para panitia tengah menyusun soal yang sebelumnya telah diacak untuk persiapan ujian para peserta. Hingga berita ini dirilis. (KO.O2)

No comments

Powered by Blogger.